Penetapan Cakades Tunggu Hasil Seleksi Tambahan

Taliwang, – Penetapan Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), direncanakan pada 20 September mendatang atau menunggu hasil seleksi tambahan terhadap Desa yang memiliki jumlah Bakal Calon melebihi 5 orang.

“Dari 23 Desa yang akan mengikuti Pilkades serentak, ada 3 Desa yang memiliki bakal calon melebihi 5 orang, sementara dalam Peraturan Daerah (Perda) terkait dengan Pilkades menetapkan, bahwa jumlah calon maksimal 5 orang. Jika terdapat lebih dari 5 orang, maka harus dilaksanakan seleksi tambahan,” kata Syaifullah selaku kabid Pemerintah Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Masih keterangan Ipoel sapaan akrabnya, untuk seleksi tambahan terhadap 3 Desa yang memiliki bakal calon melebihi 5 orang, DPMD KSB memberikan kepercayaan penuh kepada Universitas Cordova Indonesia (Undova), tetapi harus tetap menjadikan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai acuan. “Kami memang menggandeng Undova untuk melaksanakan seleksi tambahan, jadi apapun hasil akan kami terima dan dilanjutkan kepada panitia Pilkades untuk dijadikan dasar dalam penetapan Cakades,” lanjutnya.

Dikesempatan itu diakui bahwa saat pembukaan pendaftaran terdapat 5 Desa yang memiliki bakal calon melebihi 5 orang, tetapi saat pengajuan berkas tersisa 3 Desa yang melebihi 5 orang tersebut, masing-masing Desa Meraran, Desa Talonang Baru dan Desa Goa. “Sekarang sedang pengumpulan berkas sebelum pelaksanaan seleksi oleh pihak Undova dan direncanakan pada Rabu (hari ini, red) akan dilaksanakan tes tulis,” tuturnya.

Terkait dengan tahapan, Ipoel memastikan bahwa rencana penambahan waktu pendaftaran tidak dilakukan, lantaran sampai pada penutupan tidak ada Desa yang memiliki satu cakades. “Memang ada rencana sebelumnya untuk menambah waktu pendaftaran, jika ada Desa yang pendaftarnya hanya satu orang, tetapi sampai waktu penutupan cakades pada semua desa minimal 2 orang,” ungkapnya.

Tahapan yang menunggu setelah penetapan adalah kampanye damai dari semua cakades yang dilanjutkan dengan tahapan debat calon sampai pada pemilihan yang direncanakan pada 20 Oktober mendatang. “Semoga semua tahapan berjalan lancar, aman dan sukses,” tegasnya, sambil mengaku jika sampai sekarang belum ada persoalan yang menjadi penghambat proses dan pemilihan Kades secara serentak tersebut,” urainya. **