Politik

Bawaslu KSB Mulai Persiapkan Seleksi Panwascam

Taliwang, – Meskipun belum ada penetapan jadwal seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), namun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah mulai merencanakan tentang tahapan sebagai bentuk persiapannya.
“Kemungkinan tahapan seleksi akan dimulai pada pertengahan bulan November mendatang, namun Bawaslu berkeinginan dapat merekrut komponen masyarakat yang memiliki kompetensi untuk menjadi pengawas, sehingga persiapan dilakukan lebih awal, termasuk menyebarkan informasi tentang akan adanya seleksi Panwascam,” aku Karyadi, SE selaku ketua Bawaslu KSB, saat ditemui media ini dalam ruang kerjanya.
Masih keterangan Karyadi, kesengajaan pihaknya untuk menyebut tentang rencana seleksi Panwascam itu sendiri, agar yang memiliki minat bisa mulai mempersiapkan diri. “Proses seleksi tidak terlalu makan waktu lama, dimana dalam rencananya bahwa anggota Panwascam sudah mulai bekerja pada bulan Desember, karena tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah dimulai,” lanjutnya.
Dikesempatan itu Karyadi juga menyebutkan, jika Panwascam yang direkrut akan bekerja selama 10 bulan, jadi perhitungannya dimulai awal tahun atau bulan Januari mendatang. “Meskipun perhitungan gaji mulai Januari tetapi Panwascam yang direkrut mulai bekerja pada akhir tahun 2019,” tandasnya.
Meskipun panwascam belum direkrut, tugas pengawasan tetap akan dilaksanakan, apalagi sekarang ini sudah masuk tahapan Pilkada, dimana telah ditetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 89. 442. Jumlah itu sendiri yang dijadikan dasar bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menetapkan bahwa calon perseorangan harus bisa mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 8.945 atau 10 persen dari DPS. **