Pemerintahan

Bina Marga Pastikan Sebagian Besar Proyek Jalan “Rampung”

Taliwang, – Pekerjaan jalan yang menjadi tanggung jawab bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukinan (DPUPRPP), dipastikan bisa rampung sebelum akhir tahun ini. “Sebagian besar untuk proyek jalan sudah mencapai 100 persen,” kata Ahmad Syafwan, ST, M.Si selaku kabid Bina Marga saat ditemui media ini dalam ruang kerjanya, Selasa 17/12 kemarin.

Dikesempatan itu Syafwan sapaan akrabnya tidak membantah bahwa ada beberapa ruas jalan sedang dalam on-proses atau menunggu pekerjaan penyelesaian. “Secara tekhnis untuk proyek ruas jalan hanya pekerjaan minor saja, jadi dengan sisa waktu yang ada bisa dirampungkan,” lanjutnya.

Masih keterangan Syafwan, untuk proyek dengan sistem penunjukan langsung dalam lingkungan bidang Bina Marga sudah tuntas dikerjakan, bahkan pihak pelaksana sudah mendapatkan pembayarannya. “Untuk proyek yang nilainya tidak terlalu besar sudah dinyatakan rampung, jadi dipenghujung tahun ini kita sedang meningkatkan pengawasan dalam percepatan proyek yang bernilai besar,” ucapnya.

Hal penting yang disampaikan Syafwan, terhadap proyek yang sudah dinyatakan rampung saat ini coba dilakukan pengecekan ulang, terutama yang sedang mengajukan pencairan. Langkah itu dilakukan untuk memastikan bahwa volume pekerjaan serta spesifikasi sudah sesuai. “Setiap ada dokumen permohonan pencairan akan ditindaklanjuti dengan pengecekan lapangan kembali. Hal itu untuk lebih memastikan bahwa benar telah rampung,” tegasnya.

Terkait dengan sejumlah pekerjaan yang masih dalam on-porses, Syafwan mengaku jika dirinya beberapa waktu lalu telah memanggil rekanan proyek untuk mendapatkan komitmen serta kepastian, jika pekerjaan akan dapat dirampungkan sebelum akhir tahun atau dalam tahun kontrak. “Saya sudah ingatkan rekanan soal sisa waktu, jadi harus terus dipacu untuk bisa tuntas 100 persen,” ungkapnya.

Dikesempatan itu juga dibeberkan bahwa sejumlah pekerjaan yang sudah rampung untuk wilayah kecamatan Jereweh adalah, peningkatan jalan kuburan lumaga, peningkatan jalan lang lempe Desa Beru, peningkatan JUT lang sampar. Sementara untuk kecamatan Maluk ada pekerjaan peningkatan jalan SJN-Pantai Maluk dan pembangunan JUT jeruk pekat Desa Bukit Damai.

Untuk wilayah kecamatan Brang Rea ada pekerjaan peningkatan jalan Tepas-Bangkat Monteh, peningkatan jalan Desa Beru-Seloto dan peningkatan jalan SJK-Desa Beru. Sedangkan untuk kecamatan Brang Ene ada peningkatan jalan Mura Loka-Lampok, pembangunan JUT lang Aor dan lang kanang. “Ada juga yang tersisa pekerjaan minor, diantaranya, peningkatan jalan Lasap Taliwang, peningkatan jalan lingkar Tano,” bebernya. **