PemerintahanSosbud

Antisipasi DBD, Puskesmas Maluk Lakukan Penyuluhan Keliling

Maluk, – Puskesmas Maluk terus berupaya mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama memastikan bahwa tidak terdapat genangan air yang bisa menjadi wadah berkembang biak nyamuk yang menjadi penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Sekarang kami lebih intens untuk melakukan penyuluhan keliling dengan menggunakan mobil ambulance, agar masyarakat lebih sadar tentang pentingnya membersihkan lingkungan, termasuk sebagai upaya untuk mengantisipasi bertambahnya pasien yang dinyatakan posifit DBD,” kata Fahmi selaku kepala Puskesmas Maluk.

Dikesempatan itu Fahmi juga mengaku jika pihaknya berencana membangun komunikasi dengan pemerintah kecamatan Maluk, agar dibuatkan jadwal gotong royong atau secara bersama-sama untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). “Paling tidak masyarakat mengetahui seperti apa sarang nyamuk yang harus diberantas itu,” lanjutnya.

Fahmi tidak membantah bahwa sekarang ini pihaknya sudah melakukan Fogging (pengasapan) pada beberapa lokasi, lantaran diawal tahun ini, sudah ada beberapa pasien yang dinyatakan positif DBD. “Pada bulan Januari ditemukan tiga kasus DBD yang dinyatakan positif, sementara pada bulan ini, sudah ada enam orang pasien yang dinyatakan suspek DBD, sehingga harus dilakukan fogging focus,” tegasnya.

Program PSN yang dimaksud adalah, Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain, Menutup, adalah menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya serta Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah, Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, Menggunakan kelambu saat tidur, Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. **