KPU KSB Melantik 40 Orang Anggota PPK Untuk Pilkada 2020

Taliwang, – 40 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Denny Syaputra selaku ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kegiatan itu sendiri dilaksanakan pada Sabtu 29/02, kemarin.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Mars Ansori Wijaya, Ketua DPRD KSB, Kaharuddin Umar, Kapolres KSB, AKBP Herman Suriyono, S.Ik, Kasat Polisi Pamong Praja (Pol PP), perwakilan Kodim 1628/KSB, Ketua dan anggota Bawaslu KSB, Perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).

Dalam sambutannya, ketua KPU KSB mengajak semua anggota PPK yang sudah dilantik untuk menjaga netralitas sebagai penyelenggara, termasuk mengingatkan bahwa dalam penentuan komposisi sebagai anggota PPK, KPU KSB melaksanakan rangkaian kegiatan sejak 15 Januari lalu. “Kami yakin jika PPK yang dilantik memiliki integritas tinggi, karena seleksi dilakukan sangat ketat dan dibawah pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) KSB,” ucapnya.

Dikesempatan itu Denny mengingatkan bahwa anggota PPK tidak boleh melakukan berbagai kegiatan yang bernuansyah politik, termasuk membuat status melalui media sosial yang dapat dinilai sebagai bentuk pelanggaran terhadap netralitas. “Perlu diketahui bahwa tidak sedikit peserta dinyatakan tidak lulus lantaran postingan pada media sosial, jadi diminta kepada yang telah dilantik untuk lebih hati-hati dalam membuat status dan terpenting sebagai penyelenggara harus tetap menjaga integritas,” lanjutnya.

Diakhir keterangannya, Denny meminta kepada semua anggota PPK untuk membaca dan memahami regulasi yang dijadikan acuan dalam pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar 23 September 2020 tersebut, sehingga mengetahui apa yang menjadi tugas serta tanggung jawab, termasuk mengetahui apa yang menjadi hak serta kewajibannya.

Catatan penting yang perlu juga diketahui, jika PPK harus lebih intens berkomunikasi dan koordinasi dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Hal itu sebagai bentuk komitmen untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang transparansi dan akuntabel

Mars Ansori Wijaya dikesempatan itu mengatakan, pelantikan yang anggota PPK dilaksanakan secara serentak pada seluruh Provinsi/Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). “Kami berharap kepada semua anggota PPK ikut membantu memastikan dan menjaga kondusifitas daerah, sehingga masyarakat yang akan memberikan hak suara merasa aman untuk menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tandasnya.

Sementara Kaharuddin Umar selaku ketua DPRD KSB dalam kesempatan itu mengajak PPK untuk memaknai pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KSB sebagai ajang berkontribusi untuk daerah, sehingga bisa memunculkan rasa Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh (IJS) dalam melaksanakan tugas. **