Ekonomi

Pemerintah KSB akan Siapkan Pendamping Bumdes

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), sangat serius untuk mengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Buktinya, akan disiapkan pendamping yang akan membantu dalam mengembangan usaha Bumdes itu sendiri.

“Tinggal menunggu keputusan Bupati KSB tentang penetapan atas hasil seleksi terhadap calon pendamping Bumdes. Kemudian yang ditetapkan akan langsung bekerja sesuai kapasitas serta kewenangan yang diamanatkan,” kata Trisman ST, MP selaku Kabid pemberdayaan ekonomi masyarakat dan Tekhnologi Tepat Guna (TTG).

Masih keterangan Trisman, dalam rencananya bahwa pendamping Bumdes yang disiapkan untuk tingkat kecamatan, dimana masing-masing kecamatan disiapkan dua orang. “Tugas besar yang diharapkan dengan adanya pendamping adalah, bisa menjadikan Bumdes maju, karna kita tahu bersama Bumdes di KSB saat ini masih berstatus Bumdes berkembang, termasuk mendorong Bumdes untuk tetap berusaha,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Trisman tidak membantah bahwa jumlah pendamping masih sangat minim, atau tidak sebanding dengan target yang akan dicapai, sehingga pada tahun mendatang akan diupayakan ada penambahan jumlah pendamping Bumdes. “Secara bertahap kita tambah personil, sehingga lebih maksimal dalam melakukan pendampingan,” tuturnya. **