Pemerintahan

Pemerintah KSB Sidak Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran

Taliwang, – Tim bentukan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang diberi tugas untuk melakukan pengecekan secara langsung tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN), pada Selasa 26/5 atau dihari pertama masuk kerja pasca libur lebaran, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pantauan langsung media ini, tim meminta kepada semua aparatur dalam OPD yang didatangi untuk berkumpul, agar bisa langsung diabsensi secara manual sebagai bukti bahwa memang benar hadir dihari pertama kerja. “Hasil sidak yang saya ikuti, kehadirian aparatur sangat menggembirakan atau tidak ada yang mangkir kerja di hari pertama pas libur lebaran,” kata H Abdul Malik Nurdin S.Sos, M.Si selaku kepada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Dikesempatan itu H Malik sapaannya mengaku sangat bangga dengan disiplin aparatur yang dibuktikan dengan hari pertama masuk kerja. “Kita semua berharap semoga tingkat kedisiplinan aparatur bisa terus ditingkatkan dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat, terutama aparatur yang diberikan kepercayaan memegang jabatan,” ucapnya.

H Malik mengakui bahwa ada OPD yang masih berlanjut menerapkan pola kerja piket atau shift, karena memang regulasi yang menjadi acuan bahwa Work From Home (WFH) bagi aparatur akan berakhir pada 29 Mei mendatang. “Dalam regulasi yang menjadi pijakan bahwa WFH bisa diterapkan sampai 29 Mei mendatang, jadi terlihat ada beberapa OPD yang masih menerapkan sistem kerja bergantian tersebut,” lanjutnya.

Masih keterangan H Malik, sampai sekarang ini pihaknya belum mendapatkan surat dari pemerintah pusat tentang penambahan waktu kerja dirumah. “Kami masih menunggu regulasinya, jadi belum bisa memberikan kepastian bahwa sistem kerja bergantian akan berlanjut,” tuturnya.

Diakhir keterangannya H Malik mengingatkan kepada semua aparatur, agar saat bekerja untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. “Saya minta kepada semua aparatur untuk tetap menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun menggunkan air mengalir dan jaga jarak sesama teman kerja atau orang lain,” pintanya. **