Pemerintahan

Dandim 1628/KSB Beberkan Rencana Pelaksanaan TMMD ke-108

Taliwang, – Melalui video conference dengan Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto yang dihadiri juga Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM, Komandan Distrik Militer (Kodim) 1628/KSB, Letkol Czi, Eddy Oswaronto, ST membeberkan tentang program dan kesiapan dalam melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-108 tahun 2020.

Dalam release yang disampaikan bagian protokol dan komunikasi pimpinan (Prokopim), Dandim 1628/KSB memaparkan rencana kegiatan TMMD ke-108 yang akan dilaksanakan di Desa Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea dengan 3 jenis kegiatan yakni pembuatan jalan strategis pertanian yang terdiri dari timbunan jalan, pembuatan jembatan kecil/plat deker, pembuatan gorong-gorong dan talud, kemudian pembuatan masjid di Dusun Batu Melik, dan RTLH 1 rumah baru dan 1 rehab sedang di Dusun Batu Melik dan Dusun Seminar.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat mempermudah akses kendaraan pengangkut hasil tani sehingga biaya buruh tani untuk angkut hasil tani dapat diminimalisir, memperpendek jarak tempuh sampai dengan 2 km, mempermudah akses masyarakat menuju lahan persawahan, mempermudah akses masyarakat Dusun Batu Melik menuju induk desa, dan mempermudah masyarakat untuk melaksanakan ibadah. Pemilihan sasaran RTLH sebagai bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat dan upaya yang dilakukan dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat.

Dandim 1628/KSB menyampaikan bahwa dari seluruh sasaran yang ada diharapkan terciptanya rak juang yang tangguh untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat sehingga terwujudnya ketahanan nasional yang kuat.

Pangdam IX/Udayana dalam rapat tersebut menyetujui kegiatan TMMD ke-108 tahun 2020 di Wilayah KSB berlokasi di Desa Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea dan meminta agar waktu yang ada dimanfaatkan dengan baik sehingga mencapai hasil yang berkualitas serta selalu melakukan koordinasi dengan berbagai instansi sehingga kegiatan yang dilaksanakan tidak menyalahi kebijakan penanggulangan pencegahan Covid-19. “Semoga hasil kerja yang dilakukan nantinya betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat karena sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka”, jelas Pangdam IX.

Sebelum meninggalkan ruang rapat, Bupati menyampaikan rasa terima kasih dan akan selalu memberikan yang terbaik untuk segala kegiatan-kegiatan Kodim. “Insya Allah kami sudah siapkan dari sisi anggaran termasuk hal lainnya. Pemda KSB akan selalu memberikan yang terbaik untuk kegiatan-kegiatan Kodim, sehingga kegiatan yang direncanakan diharapkan bisa memberika manfaat yang sebesar-besarnya bagi rakyat KSB. Kami juga menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan TMMD tahun 2020 walaupun di tengah Covid-19. Alhamdulillah kegiatan kita masih bisa direncanakan”, kata Bupati. **