KPU KSB Beberkan Rencana Tahapan Pilkada 2020

Taliwang, – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati secara serentak bakal digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Buktinya, pelaksanaan kembali berbagai tahapan akan dimulai pada 15 Juni mendatang. “Masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), jadi belum bisa dipastikan kapan waktu pelaksanaannya,” ucap Herman Jayadi S.Ap, salah seorang anggota KPU KSB.

Dikesempatan itu Herman Jayadi mengakui jika sudah ada draf atau rancangan tentang tahapan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). “Sesuai draf PKPU yang bahwa pada 15 Juni mendatang adalah proses pengaktifan atau penetapan kembali semua badan Adhoc, seperti, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS),” lanjutnya.

Diwaktu yang sama juga akan dilaksanakan verifikasi faktual terhadap syarat dukungan pasangan calon perseorangan, namun agenda itu tidak dilaksanakan untuk wilayah KSB, lantaran sampai waktu penutupan pendaftaran, tidak ada pasangan calon yang mendaftar. “Untuk tahapan ini kita tidak laksanakan,” akunya.

Masih keterangan Herman Jayadi, PPK bersama PPS setelah diaktifkan akan langsung bekerja, terutama untuk pembentukan Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDB), karena tahapan itu sendiri mulai dilaksanakan pada 24 Juni sampai 14 Juli mendatang. “Kalau untuk pencocokan dan penelitian akan berlangsung pada 15 Juli sampai 13 Agustus,” bebernya.

Tahapan penting lain yang dibeberkan Herman Jayadi adalah kampanye, dimana dalam rancangannya akan berlangsung mulai 26 September dan berakhir pada 5 Desember atau selama 71 hari. “Kalau untuk pengumuman, pendaftaran, penelitian dan penetapan pasangan calon akan berlangsung pada 1-23 September,” tandasnya.

Sebagai informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat secara umum, pelaksanakan seluruh tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KSB nanti akan tetap memperhatikan protokol kesehatan, bahkan KPU sudah menyiapkan anggaran yang dipergunakan sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19. “Bisa dipastikan tidak ada kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang akan mengumpulkan banyak orang,” tegasnya. **