Kapolres, Dandim dan Kejari KSB Gelar “Kunjungan Politik”

Taliwang, – Kapolres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), AKBP Herman Suriyono, MH, Dandim 1628/KSB, Letkol Czi, Eddy Oswaronto, ST dan Kepala Kejaksaan KSB, Nusirwan Sahrul, MH, melakukan kunjungan pada sejumlah partai politik. Hal itu sebagai langkah awal menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang direncanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Saat mendatangi sekretariat Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Kapolres KSB mengaku bahwa kunjungan bersama itu sebagai upaya silaturahim dengan para tokoh politik dalam rangka membangun komitmen menjaga stabilitas daerah. “Kami akan mengunjungi semua partai agar terbangun komitmen bersama bahwa dalam menjaga stablitas daerah bukan hanya tanggung jawab Polri, TNI dan Kejaksaan,” ucapnya.

Disampaikan Kapolres, kunjungan politik yang dilakukan itu sendiri tidak lepas dari dimulainya tahapan pemilihan Bupati dan wakil Bupati KSB, dimana pada saat momentum politik sangat rentan muncul gejolak, konflik serta perbedaan yang menjadi potensi terganggunya stabilitas daerah. “Kami yakin dengan terlibat aktif para pelaku politik, maka stabilitas daerah akan tetap terjaga meskipun ditengah tahapan politik,” lanjutnya.

Sementara Letkol Czi Eddy Oswaronto mengingatkan bahwa dalam semua tahapan Pilkada wajib untuk memperhatikan protokol kesehatan, sehingga berharap kepada semua parpol yang menjadi bagian dalam Pilkada KSB, agar selalu memperhatikan apa yang wajib dilakukan dalam melawan Covid-19. “Silakan berkampanye atau sosialisasi tentang paslon yang diusung, tetapi jangan sampai lupa tetap menggunakan masker, jaga jarak dan pastinya selalu cuci tangan dengan sabun pada air mengalir,” ucapnya.

Dandim 1628/KSB itu juga mengaku bahwa hasil evaluasi internal terhadap kondisi daerah, jika KSB sampai sekarang ini masih sangat aman atau belum ada ancaman yang akan menggangu kamtibmas. “Meskipun belum ada potensi konflik, harus ada kewaspadaan bersama,” ajaknya.

Nusirwan Sahrul selaku Kejari KSB mengakui bahwa pihaknya akan terlibat aktif dalam pelaksanaan Pilkada KSB, terutama dalam mengajak semua paslon dan tim sukses untuk menghindari pelanggaran terhadap aturan Pilkada. “Kami akan intens membantu untuk mengingatkan tentang regulasi Pilkada,” akunya.

Amiruddin Embeng, SE selaku ketua PPP saat menerima kunjungan dari anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mennyampaikan, jika PPP akan tercatat sebagai pengusung pasangan calon petahana, jadi akan bergerak untuk mengajak masyarakat agar memberikan pilihan politik. “Kami sedang merancang tekhnik dan cara pendekatan kepada masyarakat, sehingga tidak melanggar protokol kesehatan,” akunya.

Masih keterangan Embeng sapaan politisi yang kini menjabat sebagai ketua komisi I itu, selama pelaksanaan Pilkada di Bumi Pariri Lema Bariri kondusifitas daerah tetap bisa terjaga, karena masyarakat sangat sadar arti semua perbedaan, apalagi telah terbangun komitmen bersama untuk mempertahankan zero horizontal conflik. “Saya makin yakin bahwa Pilkada KSB tidak akan menjadi potensi konflik, apalagi ada kemungkinan paslon tunggal atau lawan kotak kosong,” urainya.

Sementara Sudarli S.Pd selaku ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat menerima kunjungan Kapolres, Dandim dan Kejari mengakui jika wilayah tambang termasuk cukup rawan atau potensi konflik setiap pelaksanaan Pilkada, namun dengan kebersamaan antara pemerintah dan tokoh politik, maka semua potensi itu bisa diredam. **