Desa Serading Moyo Hilir akan Jadi Sentra Baru Bawang Merah di Sumbawa

Sumbawa Besar, – Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa akan menjadi sentra baru untuk bawang merah di Kabupaten Sumbawa.

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PKS H. Johan Rosihan saat melakukan panen bawang merah di Desa Serading. “Serading bisa kita jadikan sebagai sentra baru bawang merah di Kabupaten Sumbawa. karena, serading berbeda dengan lokasi lain dikabupaten Sumbawa,” katanya.

Menurutnya, para petani bawang merah di desa setempatlah yang menanam bawang merahnya. Kalaupun ada orang dari luar, mereka hanya dipekerjakan sebagai buruh tani.

Sedangkan dilokasi lain di Sumbawa, lahan mereka disewakan. “Dengan bertambahnya luasan areal tanam bawang merah di Sumbawa sebanyak 300 hektar tahun ini hingga mencapai total 3000-an hektar. Komoditas bawang merah sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten Sumbawa memberikan perhatian serius terhadap pengembangan komoditas ini,” tandasnya.

”Ini penting untuk saya sampaikan. Karena rantai jual bawang merah masih dikuasai oleh teman teman dari daerah Bima. Sehingga tidak heran kemudian bawangnya ditanam di Sumbawa tapi brandnya milik daerah lain,” imbuhnya, sambil menambahkan bahwa hal ini akan mempengaruhi nilai ekonomis dan tingkat kesejahteraan petani kita.

Dikatakan, pemerintah harus bisa meyakinkan para pengusaha Sumbawa agar mulai ikut dalam bisnis perdagangan bawang. Karena potensinya dinilainya luar biasa. “Pada kesempatan itu saya juga berterima kasih kepada para petani terutama anggota Poktan Buin Sepit desa serading yang telah bisa membuktikan bahwa petani lokal Sumbawa bisa dalam menanam dan mengembangkan komoditas bawang merah ini,” pintanya. **