PemerintahanPendidikan

Digelar Bimtek Pelaksanaan BDR Bagi Pendidik Paud Se-KSB

Taliwang, – Perwakilan tenaga pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bintek) pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR). Kegiatan yang akan berlangsung selama 10 hari itu mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Bunda PAUD, Hj Hanifah S.Pt.

Agus Spd, MM selaku sekretaris Dikbud KSB pada kesempatan itu menyampaikan, penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memaksa semua sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, sehingga dibutuhkan komitmen bersama antara tenaga pendidik dengan orang tua. “Para guru atau pendidik perlu memiliki perencanaan, perlu berinteraksi, perlu berkomunikasi dengan para orang tua secara baik selama belajar di rumah,” ucapnya.

Agus berharap dengan kegiatan Bimtek yang dilaksanakan ini bisa menjadi salah satu upaya bersama dalam memperkaya pengetahuan dan keterampilan para pelaku pendidikan disemua jenjang, sehingga terciptanya kreatifitass guru dalam menyajikan pembelajaran pada anak-anak yang menyenangkan di rumah. “Kolaborasi antara guru, orang tua dan siswa adalah kunci keberhasilan kita dalam mendidik anak-anak,” lanjutnya.

Sementara Maryati selaku Kabid PAUD pada Dikbud KSB menegaskan, kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami pentingnya bermain bagi anak, merancang kegiatan bermain anak di rumah yang bermuatan Matematika, Sains, Bahasa, Seni Karya dan Music, menyusun Rencana Pembelajaran sederhana dalam pelaksanaan belajar dari rumah, membangun komunikasi efektif dengan orang tua, melaksanakan dukungan psikologi awal anak dan memberikan pengasuhan positif serta menggunakan media daring.

Dikesempatan itu Maryati juga mengakui bahwa kegiatan yang dilaksanakan tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) KSB, namun murni atas kebersamaan dan dukungan dari berbagai pihak. “Kami juga mendapatkan dukungan dari Bunda PAUD,” akunya.

Sementara Hj Hanifah pada kesempatan itu mengaku sangat respon dan apresiasif atas perhatian dan kepedulian semua pihak, terutama dalam meningkatkan kompetensi serta kemampuan mengajar guru ditengah pandemi Covid-19. “Kegiatan ini dengan sendirinya akan membekali peserta bimtek untuk memiliki keterampilan menyusun RPP berbasis rumah, meningkatkan pengetahuan peserta bimtek dalam pengembangan pembelajaran  yang kontekstual serta menambah wawasan dan kecakapan peserta bimtek dalam membangun relasi dengan orang tua dalam kondisi apapun,” tuturnya. **