Sosbud

Lebih Hidup Diskusi Tematik, Webinar KOTAKU Sumbawa

Sumbawa Besar, – Tak dapat dipungkiri hingga kini telah terjadi pembelajaran, inisiatif dan hasil-hasil kolaborasi yang cukup baik dalam Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Hal ini bisa dilihat dari bebrapa lokasi yang telah dan sudah membangun kampung, menata kotanya menjadi layak huni tanpa bertumpu pada anggaran program, Luar biasa !!. Dua kata ini layak disematkan kepada para narasumber dari Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) di lokasi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang berbagi pengalamannya dalam Webinar Berbagi Pengalaman KPP melalui video conference Zoom yang digelar pada Kamis, 12Juli 2020. Di Kantor KOTAKU Sumbawa Besar, Webinar gratis ini juga disiarkan secara langsung (livestreaming) melalui channel YouTube. Sambutan peserta juga sangat luar biasa.

Di antara peserta webinar, terdapat para team leader Program Kotaku mulai pusat hingga provinsi se-Indonesia. Hadir pula para koordinator kota (korkot) dan personel Program Kotaku se-Indonesia, anggota badan keswadayaan masyarakat (BKM), anggota kelompok swadaya masyakarat (KSM), pemerintah daerah dari berbagai kabupaten/kota, dan sebagainya.

Tak lupa pula dari Tim Kelurahan Brang Bara Sumbawa Besar,juga ikut andil dalam Webinar tersebut,mereka adalah Sekretaris Kelurahan Brang Bara Putera Wijaya Ningrat,S.AP dan Kasie EkBang Herlin Efendi,S.AP.”Dalam Webinar tersebut Tim kelurahan,memaparkan potensi dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim KOTAKU Kabupaten Sumbawa,serta keberhasilan KOTAKU yang telah memperindah Kawasan daerah bantaran kali Brang Bara yang dulunya terlihat kumuh,sekarang sejak hadirnya program KOTAKU didaerah kami,menjadi indah dan bersih tanpa kesan kumuh” Ujar Herlin dan Putera Wijaya bersamaan.

Koordinator  Program KOTAKU Kabupaten Sumbawa, Ir.Yanis Mayadi mengatakan “Kegiatan ini dilaksanakan agar bisa saling bertukar Informasi dan pengalaman diantara Kelompok  Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) di seluruh Indonesia,” ujar Yanis akrab disapa. **