PemerintahanSosbud

BPBD KSB Masih Distribusi Air Bersih Pada Sejumlah Wilayah

Taliwang, – Dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi intensitas hujan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), namun pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pendistribusian air bersih, lantaran ada beberapa wilayah yang masih mengalami kekeringan atau sumur yang menjadi sumber air masih belum menyimpan air.

“Ada beberapa wilayah masih mengalami kekeringan atau masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih, sehingga kami harus melakukan pendistribusian air, tetapi volume yang didistribusikan berkurang dari biasanya,” kata Ir Lalu Muhammad Azhar, MM selaku Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KSB, saat dikonfirmasi media ini kemarin.

Dikesempatan itu Lalu Azhar sapaan akrabnya menegaskan, hujan dalam beberapa hari ini memang belum menyebabkan volume air tanah meningkat, sehingga wajar jika pada beberapa wilayah masih mengaku kesulitan mendapat air bersih atau kekeringan, sementara telah terjadi intensitas hujan. “Hujan yang turun dalam beberapa hari belum menyebabkan tingginya volume air tanah, jadi sumur warga belum tersedia air,” lanjutnya.

Masih keterangan Lalu Azhar, dalam pekan ini pihaknya hanya melakukan pendistribusian air pada satu wilayah maksimal satu tangki mobil, sementara pada hari sebelumnya dapat mencapai 3 kali pengangkutan. “Dalam beberapa hari ini kami hanya mengangkut satu tangki pada satu lokasi dan akan kembali melakukan pendistribusian setelah selang sehari,” tuturnya.

Aktifitas pendistribusian air masih akan dilaksanakan dalam dua pekan ini. jika intensitas hujan stabil seperti sekarang ini, maka pada pekan berikutnya dapat dihentikan. “Jika curah hujan tinggi dalam dua pekan ini, maka bisa diyakini sumur warga yang menjadi sumber air bersih sudah bisa menyediakan air kebutuhan masing-masing warga,” tandasnya. **