Pendidikan

KSN 2020, Tiga Orang Siswa SMP Wakili NTB Tingkat Nasional

Taliwang, – Kompetisi Sains Nasional (KSN) untuk tingkat nasional tahun 2020 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan diikuti siswa dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk mewakili provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepastian ada siswa dari KSB mewakili NTB tertuang dalam surat yang diterbitkan oleh Pusat Prestasi Nasional yang berada pada sekretariat jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bernomor 2322/j3/pd/2020 tentang penetapan peserta KSN tingkat nasional.

Berdasarkan hasil penilaian seleksi KSN SMP babak penyisihan tingkat kabupaten/kota telah terpilih sebanyak 204 peserta bidang matematika, dimana terdapat nama Alya Nur Izzati dari SMP Sains It Rabbani, sementara pada Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) ada Gizka Octa Ramadhani dari SMPN 1 Taliwang dan Nur Asyah asal SMPN Satap Mataiyang yang akan mewakili NTB untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) KSB telah bertemu langsung dengan semua siswa yang akan mengikuti KSN SMP tingkat Nasional, sekaligus untuk menyerahkan sertifikat sebagai juara pada tingkat kabupaten,” kata Lutpiah Ruswati, M.pd selaku kabid pembinaan SMP pada Dikbud KSB kepada media ini, Minggu 1/11 kemarin.

Disampaikan Lutpiah sapaannya, KSN yang dilaksanakan pihak kementerian merupakan salah satu kegiatan penguatan pendidikan karakter melalui bidang sains. Buktinya, pelaksanaan dilakukan secara berjenjang dari tahapan babak penyisihan peserta tingkat kabupaten/kota dan seleksi tingkat nasional. “Dalam masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pihak penyelenggara melaksanakan babak penyisihan peserta tingkat kabupaten/kota dan seleksi tingkat nasional secara daring,” bebernya.

Meskipun penilaian secara daring, pihak penyelenggara memastikan pelaksanaan dalam pengawasan ketat, dimana setiap peserta wajib menyiapkan selular dan laptop untuk mengisi pertanyaan yang diajukan. “Ada metode yang dilakukan penyelenggara dalam lomba KSN tingkat SMP untuk memastikan tidak ada kecurangan,” tuturnya.

Sebagai motivasi terhadap para siswa yang mewakili NTB, Lutpiah memastikan jika dirinya akan menyaksikan langsung lomba yang diikuti itu. “Khusus untuk siswa dari KSB mendapat jadwal dari panitia untuk mengikuti lomba pada Senin-Selasa 2-3 November,” bebernya. **