Sosbud

PC NU KSB Gelar Peringatan Maulid Dirangkai Penutupan Kegiatan KSB Bershalawat

Taliwang, – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumbawa Barat (PC NU KSB) menggelar acara maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H yang dirangkai dengan penutupan kegiatan Sumbawa Barat Bershalawat dan lomba membaca barzanji. Kegiatan dipusatkan dalam areal SMAN I Taliwang pada Rabu 18/11 kemarin dihadiri semua pengurus lantaran termasuk bagian dari memperingati hari santri nasional.

Syamsul hidayat S.Pi M.si selaku ketua panitia pelaksana lomba bershalawat dan membaca barzanji dalam laporan menyampaikan, jika kegiatan yang dilaksanakan memiliki tujuan besar, yaitu menyemarakkan syiar islam di daerah Bumi Pariri Lema Bariri ini, sehingga besar kemungkinan akan menjadi agenda rutin tahunan PC NU KSB.

Syamsul Hidayat juga mengakui bahwa dampak dari kegiatan yang dilaksanakan itu, sejumlah sekolah sudah terbiasa membaca shalawat dan berzanji dan semoga dapat meningkatkan kencintaan para pelajar yang menjadi peserta kepada Nabi Muhammad SAW. “Lomba yang kami laksanakan khusus untuk pelajar jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA),” lanjutnya.

Sementara Abdul Azis Fatahulla selaku sekretaris PC NU KSB saat dikonfirmasi media ini dilokasi acara mengaku, jika kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya memberikan dampak positif pada pelajar yang menjadi peserta, tetapi juga jadi momentum pendalaman agama semua warga lingkungan sekolah. “Harapan kita semua bahwa bershalawat menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan semua sekolah, baik sebelum melaksanakan aktifitas belajar mengajar maupun sesaat sebelum berakhirnya aktifitas sekolah,” ucapnya.

Masih keterangan Azis sapaannya, kegiatan yang dilaksanakan juga menjadi momentum penting bagi PC NU KSB untuk berkumpul dengan semua warga NU, termasuk dengan semua organisasi sayap.

Disaat itu Azis juga menyampaikan pesan yang pernah disampaikan Ketua Tanfizd Nahdlatul Ulama KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM, dimana lomba bershalawat dan membaca barzanji adalah kegiatan yang baik yang harus dijadwalkan rutin. Dengan bershalawat dan membaca berzanji, akan memberikan dampak terhadap pembangunan sumber daya manusia yang baik, memiliki akhlak yang baik. “Dengan bershalawat dan membaca berzanji kita satukan semangat menuju satu titik harapan yaitu KSB Baik,” tuturnya.

Sementara H Abdul Azis, MH selaku sekda KSB memberikan apresiasi kepada semua pengurus PC NU KSB, lantaran telah mengajak pelajar untuk bershalawat dan membaca barzanji. “Lomba hanya sebagai bungkusan, jadi yang paling penting adalah dampak yang muncul dengan kegiatan itu, dimana mengajak pelajar untuk terus memuji kebesaran Allah SWT,” ungkapnya. **