Wabup KSB Ikut Rapat Persiapan Lomba Kampung Sehat Jilid II

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar rapat koordinasi dengan semua pihak terkait. Hal itu sebagai bentuk persiapan menghadapi lomba kampung sehat jilid II. kegiatan yang dipusatkan dalam ruang rapat setda pada Rabu 3/3 kemarin dihadiri wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST, Kapolres KSB, AKBP Herman Suriyono, Sekda KSB, H Abdul Azis, MH termasuk jajaran pemerintah.

Mengawali sambutannya, Wabup menyampaikan bahwa kegiatan lomba kampung sehat yang diinisiasi Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) telah dilaunching Bupati KSB beberapa hari lalu. Kegiatan itu juga diharapkan dapat menjadi cara pemerintah bersama masyarakat dalam menekan curva penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), termasuk sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat menuju.

Dikesempatan itu Wabup juga menegaskan, untuk menyukseskan pelaksanaan lomba kampung sehat jilid II, sinergisitas dan koordinasi harus dijalin dengan baik, khususnya mulai dari Pemerintah Kecamatan hingga di lingkup desa. “Saya minta kepada semua aparatur untuk menjadi bagian dalam menyukseskan lomba kampung sehat, karena semangat besarnya adalah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Hal penting yang menjadi pesan orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu, camat sebagai ujung tombak diminta untuk dapat melakukan koordinsi bersama dengan kepala desa, babinsa dan babinkamtibmas, kapolsek serta koramil. Rekrut tenaga Agen PDPGR dan data ASN yang ada di wilayah masing-masing untuk menjadi motor penggerak dalam mensukseskan LKS Jilid II di lingkungan masing-masing, serta buat posko Covid-19 di masing-masing desa.

Kapolres KSB dalam pemaparannya menyampaikan terima kasih dan merasa terkesan dengan ide-ide kreatif serta inovatif masyarakat KSB pada Lomba Kampung Sehat Jilid I yang sebelumnya telah digelar. Sama halnya dengan gelaran sebelumnya, Lomba Kampung Sehat Jilid II ini menjadikan peran aktif masyarakat sebagai kunci keberhasilan penanganan Covid-19. Kampung (Desa/Kelurahan) diharapkan dapat menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menjadikan Kampungnya sebagai daerah bebas Covid-19 atau menurunkan angka penyebaran, mampu menangani pasien terkonfirmasi Covid-19, melaksanakan tracking serta menyiapkan persiapan vaksinasi.

Ada 2 kategori Lomba Kampung Sehat Jilid II yang akan dinilai yakni Kategori Kampung Sehat terdiri dari Kampung Sehat Bebas Covid-19 dan Kampung Sehat Lawan Covid-19, Kategori ke-2 yaitu Kampung Sehat Heroes terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, Camat, Danramil, Kapolsek, Bupati/Walikota, Dandim dan Kapolres.

Diakhir penjabarannya, Kapolres KSB berharap agar laju penyebaran Covid-19 di KSB dapat ditekan dengan adanya lomba kampung sehat jilid ii dan penguatan program STBM. **