Pendidikan

Hari Ini, Ujian Sekolah Jenjang SMP Digelar

Taliwang, – Sesuai kalender pendidikan, jika semua sekolah pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), pada Senin 5/3 (hari ini, red) akan melaksanakan Ujian Sekolah selama lima hari kedepan dengan 7 mata pelajaran yang akan diujikan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) selaku leading sektor juga memastikan, jika 33 SMP yang berstatus Negeri maupun swasta telah siap melaksanakan ujian sekolah, termasuk telah menerima droping soal dari Dikbud. “Distribusi soal sudah rampung, jadi bisa dikatakan semua sekolah sudah siap melaksanakan proses ujian sekolah,” kata Lutpiah Ruswati, M.Pd selaku kabid pembinaan SMP pada Dikbud KSB, saat dikonfirmasi media ini Minggu sore 4/4 kemarin.

Masih keterangan Lutpiah sapaannya, untuk memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar, Dikbud telah membentuk tim pemantauan dan pengawasan pelaksanaan ujian, jadi dipastikan pada hari pertama akan ada peninjauan lapangan. “Kami akan melakukan pengawasan secara langsung untuk melihat aktifitas ujian sekolah,” lanjutnya.

Pemantauan secara langsung bukan sekedar ingin melihat aktifitas ujian, namun lebih pada langkah antisipasi adanya persoalan yang muncul, jadi kalau ada masalah bisa langsung ditangani dan proses ujian tetap berjalan lancar. “Semoga tidak ada masalah yang muncul dan pelaksanaan ujian lancar,” harapnya.

Disampaikan Lutpiah bahwa sebelum pelaksanaan ujian, semua sekolah telah menyerahkan Prosedur Operasional Standar (POS) masing-masing atau indikator penilaian dari sekolah dimaksud. Meskipun ujian sekolah bukan sebagai penentu kelulusan, namun untuk mengukur kemampuan dan ketuntasan siswa, semua sekolah telah memiliki standar masing-masing. **