Sosbud

Fasilitas Umum Pada Danau Wisata Lebo Makin Memprihatinkan

Taliwang, – Fasilitas umum yang berada dalam areal Danau Wisata Lebo Taliwang kondisinya makin memprihatinkan, bahkan masuk kategori paling jorok lantaran mengeluarkan arona bau membusuk, sehingga pengunjung tidak akan lagi kembali menjadikan sebagai tempat wisata alternatif dalam kota di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).
Pantauan langsung media ini, fasilitas yang sudah tidak layak untuk dipergunakan adalah toilet umum, dimana ada empat ruang toilet yang berada dalam areal Danau Lebo Taliwang sudah tidak berfungsi lagi, bahkan mengeluarkan aroma yang sangat mengganggu wisatawan yang berkunjung.
Ironisnya lagi, disekitar toilet ada sebuah mushala yang disiapkan untuk beribadahnya para pengunjung, namun lokasi itu sendiri justru tidak layak untuk dipergunakan, lantaran disekitar terdapat kotoran manusia yang menyebabkan bau menyengat, sehingga bisa dikatakan bahwa toilet dan mushala dalam areal Danau Wisata Lebo Taliwang sudah tidak layak dipergunakan.
Akibat dua fasilitas umum yang cukup penting itu tidak berfungsi dengan baik, para pengunjung tidak bisa meluangkan waktu lama diareal Danau Lebo, lantaran tidak ada tempat alternatif sebagai toilet, termasuk untuk melaksanakan ibadah shalat. “Kami minta pengelola untuk melakukan perbaikan serta penataan kembali terhadap fasilitas umum dalam areal Danau Lebo Taliwang,” ucap Faruk salah seorang pengunjung saat dilokasi.
Sementara Edy Chandra selaku penasehat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tonyong Bulaeng selaku pengelola Danau Wisata Lebo mengakui, jika sejumlah fasilitas umum dalam areal wisata sudah tidak bisa difungsikan. Hal itu telah disampaikan kepada para pengurus Pokdarwis untuk bisa diambil langkah penanganan. “Persoalan itu sebenarnya sudah saya sampaikan kepada pengelola, namun belum juga ada langkah penanganannya,” kata Edy sapaan akrabnya. **