Pendidikan

Dikbud KSB Mulai Sosialisasikan Pelaksanaan PPDB SMP Secara Online

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) memastikan, pelaksanaan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dilaksanakan secara online. Inovasi itu telah disosialisasikan kepada Kepala Sekolah (Kepsek) jenjang Sekolah Dasar (SD) khusus wilayah kecamatan Taliwang dan kecamatan Brang Rea.

Lutpiah Ruswati, M.Pd selaku kabid pembinaan SMP pada Dikbud KSB dalam sosialisasi yang dilaksanakan menuturkan, jika sengaja sosialisasi tentang zonasi PPDB hanya untuk wilayah Kecamatan Taliwang dan Brang Rea, lantaran memiliki pembagian zonasi lebih rinci atau irisan. “Untuk dua kecamatan ini ada irisan zonasi, jadi harus kami undang untuk dibeberkan secara terbuka,” ucapnya.

Lutpiah sapaan akrabnya, sosialisasi yang dilakukan itu sendiri sebagai langkah awal untuk menyampaikan secara umum, jika untuk proses penerimaan siswa baru untuk jenjang SMP dilaksanakan secara online atau menggunakan aplikasi. “Kami menyampaikan kepada Kepsek SD untuk menyampaikan kepada siswa tentang zonasi dan cara pendaftaran melalui aplikasi online,” lanjutnya.

Masih keterangan Lutpiah, pihak Dikbud akan terus melakukan sosialisasi secara terbuka tentang pelaksanaan PPDB melalui aplikasi atau secara online. “Semua tahapan dan proses PPDB dilaksanakan secara online, jadi dipastikan tidak akan ada ruang ada lobi untuk meloloskan siswa diluar zonasi,” ungkapnya sambil mengakui jika sistem ketat zonasi berpotensi munculnya konflik dan penolakan.

Terkait dengan penetapan zonasi, Lutpiah mengaku bahwa Dikbud sudah melakukan analisa serta kajian secara mendalam, sehingga penerapan sistem zonasi itu sendiri tidak akan membuat penumpukan siswa dalam satu sekolah, apalagi dalam keputusan PPDB ditetapkan juga jumlah siswa yang akan direkrut. “Petunjuk Tekhnis (Juknis) PPDB telah ditanda tangani dan sudah mulai disebarkan sebagai pedoman pelaksanaan pada masing-masing sekolah,” bebernya.

Sebagai informasi penting yang perlu diketahui bersama bahwa aplikasi untuk melakukan pendaftaran pada proses PPDB adalah, ppdb-smp-sumbawabaratkab.com. aplikasi dimaksud sudah melalui ujia coba dan penyempurnaan. **