Disparpora KSB Sudah Memanggil 43 Orang Calon Anggota Paskib

Taliwang, – 43 orang pelajar yang menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskib) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah dihadirkan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) selaku leading sektor yang bertanggung jawab untuk petugas pengibar bendera pada upacara 17 Agustus 2021 mendatang.

“Kami sudah memanggil semua calon anggota paskib untuk mulai melakukan pra latihan. Para pelajar yang direktur itu sendiri dipastikan bebas dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan dibuktikan hasil rapid antigen,” ucap Salim S.Pd selaku kabid pora saat dilokasi pemusatan latihan lapangan Graha Fitrah pada Minggu 8/8 kemarin.

Lanjut Salim, 43 orang yang dipanggil langsung melaksanakan latihan secara serius, mengingat waktu yang dimiliki sangat terbatas, sehingga dirinya pada pertemuan perdana langsung menyampaikan harapan kepada pelatih yang dari perwakilan TNI, Polri alumni paskib. “Meskipun dengan estimasi waktu tidak panjang, prosesi pengibaran bendera harus sukses sesuai harapan bersama,” lanjutnya.

Dalam pertemuan itu Salim juga mengingatkan kepada semua calon anggota paskib, agar selalu menjaga diri dan memastikan tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindari dari Covid-19. “Pemusatan peserta belum dilakukan, jadi selama berada dilingkungan tinggal masing-masing diharapkan untuk menerapkan protokol kesehatan supaya terhindari dari Covid-19,” katanya dihadapan para peserta.

Diingatkan Salim, peserta yang dinyatakan positif Covid pada saat pelaksanaan latihan, maka akan langsung dilakukan karantina dan posisi akan digantikan oleh calon lainnya. “Pasti yang dinyatakan positif tidak boleh bergabung dalam anggota paskib. Hal itu yang membuat saya selalu mengingat kepada calon anggota paskib untuk tetap menjaga kesehatan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya, sambil mengakui bahwa saat proses seleksi, tim menetapkan beberapa orang siswa yang bisa menjadi pengganti.

Untuk menjaga kesehatan siswa dan memastikan tidak dalam terkonfirmasi Covid, Salim mengaku jika pihaknya telah membangun kerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Taliwang, agar selama latihan dapat dilakukan pengecekan berkala kesehatan para calon anggota paskib. “Setiap hari akan diupayakan ada pemeriksaan kesehatan,” akunya. **