Pemerintahan

Diskan KSB Terus Ajak Masyarakat Jadi Petani Budidaya Ikan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Perikanan (Diskan), terus mendorong kelompok masyarakat untuk mau menjadi pelaku pembudidaya perikanan, termasuk menjanjikan akan berupaya memberikan bantuan sebagai bentuk stimulus atau rangsangan.

“Saat ini memang cukup menggeliat pelaku budidaya perikanan, namun jumlah produksi justru belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum. Hal itu yang membuat Diskan terus mendorong masyarakat untuk menjadi pelaku pembudidaya perikanan,” kata Slamet Riadi S.Pi, M.Si selaku sekretaris Diskan KSB saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Masih keterangan Meta sapaan akrabnya, pemerintah memang sengaja untuk terus mendorong masyarakat mau menjadi pelaku pembudidaya, lantaran aktifitas yang sangat menjanjikan itu tidak harus membutuhkan lahan luas, karena ada beberapa tekhnis dan cara budidaya. “Budidaya bisa dengan sistem keramba dengan memanfaatkan aliran irigasi, sungai atau menggunakan tarpal pada halaman rumah,” lanjutnya.

Sebagai dukungan terhadap para pelaku pembudidaya, Meta mengaku tetap berupaya untuk dapat memberikan bantuan, meskipun dengan nominal yang tidak terlalu besar atau dalam bentuk bibit dan pakan. “Setiap ada aktifitas budidaya tetap dilakukan pemantauan dan pengawasan oleh penyuluh perikanan, sehingga dapat diketahui apa intervensi yang perlu diberikan pemerintah,” ungkapnya.

Masih keterangan Meta, aktifitas budidaya sangat baik untuk dijadikan pekerjaan utama ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), lantaran usaha dimaksud tidak terjadi kontak dengan masyarakat lain. “Budidaya termasuk salah satu usaha yang menjanjikan atau solusi ditengah pandemi Covid-19,” urainya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu jajaran Diskan KSB telah melihat lebih dekat aktivitas petani keramba yang ada di Lingkungan Motong Kelurahan Kuang. Dalam kunjungan itu langsung diberikan arahan dan pembinaan tentang hal penting yang harus menjadi perhatian, sehingga hasil budidaya nantinya lebih baik.

Dalam kunjungan itu juga dirangkaikan dengan pemberian bantuan sekarung pakan ikan bagi petani keramba setempat. Bantuan itu dinilai sangat penting, mengingat saat ini para pelaku budidaya sedang dalam kesulitan, lantaran tidak dapat membeli pakan. **