Olahraga

APBDP Ditetapkan, Disparpora KSB Siap Laksanakan POPKab 2021

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) akan melaksanakan Pekan Olahraga Pelajar tingkat Kabupaten tahun 2021 (POPKab). Kepastian itu setelah ditetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP).

Salim S.Pd selaku kabid Parpora yang akan bertanggung jawab atas pelaksanaan POPKab 2021 saat dikonfirmasi media ini mengaku, jika saat ini pihaknya sedang mempersiapkan model dan metode pelaksanaan pertandingan, sementara untuk waktu pelaksanaan belum ditetapkan. “Memang sudah bisa dipastikan akan dilaksanakan POPKab, tetapi waktu pelaksanaan yang belum diputuskan,” ucapnya.

Masih keterangan Salim, kemungkinan tidak semua Cabang Olahraga (Cabor) akan dipertandingkan pada POPKab mendatang, lantaran keterbatasan anggaran yang disiapkan, termasuk sebagai upaya pencegahan terjadinya kerumunan. “Kemungkinan hanya Cabor sepak bola dengan bola Volli yang akan dipertandingkan dalam POPKab nanti,” terangnya.

Meskipun belum ada kepastian jadwal perhelatan POPKab, Salim mengaku jika pihaknya sudah melakukan koordinasi serta pemberitahuan awal pada semua sekolah, agar bisa mulai mempersiapkan tim terkuat yang akan berlaga pada POPKab nantinya. “Pemberitahuan awal sudah dilakukan, jadi tinggal menunggu keputusan jadwal pelaksanaannya saja,” akunya.

Dikesempatan itu Salim mengingatkan, jika klub yang akan berlaga pada POPKab mendatang diawali sebagai wakil sekolah, lalu kemudian akan mewakili kecamatan dari para pemain yang terpilih, kemudian akan dicari para pemain terbaik untuk mewakili KSB pada tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). “Tekhnis seleksi yang masih kami analisa, termasuk menentukan siapa saja sebagai tim pencari bakat yang akan memilih pelajar sebagai wakil KSB,” terangnya.

Terakhir Salim berharap kepada para pelajar yang memiliki bakat sepak bola dan volli, agar mulai mempersiapkan diri menghadapi laga yang menjadi bagian seleksi tersebut, sehingga bisa terus mengembangkan bakat olahraga yang dimiliki. **