HEBAT, Perpustakaan KSB Dapat Bantuan POCADI Dari Perpusnas

Taliwang, – Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tercatat sebagai salah satu perpustakaan yang mendapat bantuan Pojok Baca Digital (POCADI) dari Perpustakaan Nasional. Bantuan itu tidak lepas dari prestasi yang pernah diraih beberapa waktu lalu.

Drs H Syamsul Kamil, MM selaku kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) KSB dalam keterangan resminya mengakui rasa bangganya atas keberhasilan tim perpustkaan dalam meraih prestasi dan mendapatkan bantuan. “Bantuan yang diterima bisa menjadi pendukung dalam membangun minat baca masyarakat,” ucapnya.

Disampaikan H Syamsul Kamil, Pojok Baca Digital adalah jenis perpustakaan yang memiliki koleksi buku cetak dan buku digital, yang dilengkapi dengan sarana prasarana kekinian dengan ditempatkan pada lokasi strategis yang banyak dikunjungi masyarakat. “Beberapa item bantuan berupa buku cetak, buku digital (e book), komputer, tablet, sofa, kursi, TV, meja, rak display, UPS, server, modem serta pendukungnya,” tuturnya sambil menegaskan bahwa seluruh item bantuan telah diterima dan siap untuk dilayankan dalam waktu dekat.

Masih keterangan H Syamsul Kamil, sengan adanya POCADI diBumi Pariri Lema Bariri diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat mengakses bahan bacaan dan menambah pilihan jenis bacaan cetak serta digital. “Keberadaan POCADI akan terus disampaikan kepada masyarakat, agar dapat langsung mengakses atau mendatangi lokasi yang ditetapkan,” bebernya.

Mengingat POCADI akan menjadi sarana penting dalam melayani masyarakat, maka Dinas Arsip melakukan evaluasi dan analisa secara serius dalam pemilihan lokasi, dimana berdasar pada pertimbangan ruang publik yang banyak dikunjungi oleh masyarakat tetapi tidak terlalu berdekatan jaraknya dengan Perpustakaan KSB.

Terakhir H Syamsul Kamil mengingatkan bahwa keberadaan POCADI untuk menjawab tantangan jaman era digital serta mewujudkan perpustakaan sebagai pusat kegiatan dan sumber belajar yang mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Sebagai informasi, untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menerima bantuan serupa adalah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Tengah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dompu, dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat. **