Dinas Arpus KSB Mulai Berikan Pelayanan Perpustakaan Keliling

Taliwang, – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat (Arpus), sudah mulai memberikan pelayanan membaca buku bagi para pelajar, baik dengan mendatangi perpustakaan maupun memanfaatkan mobil Perpustkaan Keliling.

“Pelayanan perpustakaan keliling terpaksa harus dihentikan pasca penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), namun seiring dengan mulai turun level penyebaran Covid, Dinas Arpus sudah kembali melaksanakan pelayanan membaca dengan memanfaatkan mobil puskesmas keliling,” kata Supiarno, MM selaku pelaksana tugas kepala Dinas Arpus KSB melalui keterangan resmi yang diterima media ini.

Pelayanan Perpustakaan keliling telah dimulai pada Oktober lalu dengan mendatang sejumlah Satuan Pendidikan (Sekolah, red), baik yang jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). “Meskipun pelayanan perpustakaan keliling sudah mulai diberikan, namun pihak Dinas Arpus masih harus melakukan pembatasan, mengingat saat ini masih dalam status pandemi,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Supiarno mengakui jika besar harapan dapat mendatangi 300 pos layanan dalam setahun, tetapi kondisi yang terjadi saat ini membuat pihak Dinas Arpus harus melakukan pembatasan kunjungan. “Semoga dalam tahun ini kami bisa melakukan kunjungan pada kisaran 100 pos layanan, baik pada waktu yang terjadwal maupun kondisional,” ungkapnya.

Meskipun masih dalam pembatasan aktifitas, Supiarno mengakui bahwa pelayanan Perpustakaan Keliling memanfaatkan dua unit armada (mobil) dengan didampingi petugas yang memang khusus memberikan pelayanan. “Pelayanan perpustakaan yang dilaksanakan saat ini baru tiga hari atau pada Senin sampai Rabu setiap pekan,” bebernya.

Kedua armada puskel tersebut dimuati sekitar kurang lebih 500 eksemplar bahan pustaka yang mayoritas adalah buku untuk usia anak – anak sekolah dasar karena sasaran puskel terbanyak adalah jenjang sekolah tersebut. Selain itu juga disediakan majalah, serta peralatan nonton bareng (bioskop mini) yang sewaktu – waktu digunakan saat kunjungan perpustakaan keliling malam hari baik dalam kota Taliwang maupun luar kota Taliwang.

Diakhir keterangannya disampaikan harapan untuk tahun 2022 mendatang, pelayanan perpustakaan keliling bisa berjalan normal seperti biasa atau dapat menjangkau seluruh wilayah Bumi Pariri Lema Bariri. **