Pemerintahan

Rekomendasi KASN Sudah Diterima, Bupati Akan Segera Gelar Mutasi

Taliwang, – Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengakui, jika telah menerima rekomendasi atau persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait dengan hasil seleksi terbuka untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama atau kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lowong.

“Hasil seleksi terbuka untuk pengisian jabatan kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPP), kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) dan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), telah disetujui KASN,” ucapnya.

Berdasar persetujuan KASN, H Firin sapaan akrab Bupati KSB memastikan akan segera menggelar mutasi, namun saat ini dirinya belum menentukan waktu pelaksanaannya, mengingat saat ini sedang sibuk acara peringatan Hari Lahir (Harla) KSB ke-18. “Setelah acara Harla baru akan dilaksanakan mutasi pengisian tiga jabatan lowong itu,” tegasnya.

Dikesempatan itu H Firin juga menegaskan bahwa dalam mutasi mendatang, bukan hanya mengisi jabatan lowong eselon II, tetapi juga akan ada pergeseran sejumlah jabatan lain, termasuk akan ada promosi jabatan. “Jabatan yang ditinggal oleh pejabat promosi ke eselon II akan langsung diisi, begitu jabatan lain yang diketahui lowong karena pejabat sebelumnya memasuki masa pensiun,” tuturnya.

Atas keinginan untuk melaksanakan mutasi pada semua eselon, H Firin mengaku jika dirinya sudah meminta Badan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan (Bapperjakat) untuk menyiapkan perangkat mutasi. “Saya sekarang masih menunggu hasil evaluasi dan usulan dari Bapperjakat, jadi belum bisa menetapkan kapan akan dilaksanakan pergeseran dan promosi pejabat tersebut,” lanjutnya.

Sesuai surat pengumuman dari tim Pansel yang diterima media ini dengan nomor : 14/PANSEL-KSB/XI/2021 tentang hasil akhir seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, jika kandidat untuk Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPP) adalah, Ari Hadiarta, ST, M.Si yang kini menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Ikramawansyah, ST, MT yang kini menjabat Kabid Litbang pada Bappeda dan Litbang serta Syahril, ST yang kini sebagai kepala ULP.

Untuk kandidat kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) yang menjadi nominator adalah, Ir Abdul Muis, MM yang kini sebagai sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Agus Purnawan, S.Pi, MM yang kini sebagai sekretaris Dinas Sosial serta Dr Zainuddin, SH, MM yang merupakan sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora).

Sementara untuk calon kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) adalah, Aku Nur Rahmadin, S.Pd yang kini sebagai Camat Taliwang, H Amir Syarifuddin, S.Pd, ST, MM yang kini menjabat sebagai Kabag pembangunan Setda KSB dan Khusnarti S.Pd selaku Camat Brang Rea saat ini. **