Disparpora KSB Pastikan Seleksi Calon Anggota Paskib Dipercepat

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) selaku leading sektor, akan mempercepat pelaksanaan seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskib) yang bertugas pada upacara 17 Agustus tahun 2022 mendatang.

“Seleksi calon anggota paskib direncanakan pada bulan Februari ini, jadi akan segera dibentuk tim seleksi khusus yang diberikan kewenangan untuk melihat dan mengecek langsung (seleksi) di seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat,” ucap Salim S.Pd selaku kabid Pemuda dan Olahraga (Pora).

Masih keterangan Salim, percepatan seleksi calon anggota Paskib sesuai dengan rencana tim seleksi calon anggota paskib tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dimana akan mendatangi semua kabupaten kota lebih awal dari jadwal biasanya. “Kita harus persiapkan lebih awal calon anggota paskib untuk tingkat kabupaten, karena mereka yang nantinya akan diseleksi sebagai calon paskib tingkat provinsi,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Salim juga membeberkan alasan provinsi menyampaikan rencana seleksi anggota paskib lebih awal, diantaranya ada surat resmi dari pemerintah pusat melalui tim seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bahwa sebelum bulan Ramadhan sudah ditetapkan anggota Paskibraka. “Paling telat bulan Maret mendatang sudah ada penetapan calon anggota Paskib mulai dari tingkat kabupaten sampai nasional,” ungkapnya.

Meskipun penetapan calon anggota Paskib KSB akan ditetapkan lebih awal (bulan ini), namun tidak serta merta akan langsung mulai melakukan latihan terpusat, karena pemantapan oleh tim instruktur akan dilaksanakan sebulan sebulan puncak pelaksanaan upacara hari kemerdekaan. “Hanya seleksi saja yang dilaksanakan lebih awal, sementara jadwal pemantapan kegiatan tetap seperti jadwal biasanya yang dilaksanakan tiap tahun,” tandasnya.

Terkait dengan rencana akan mulai melaksanakan seleksi, Salim berharap kepada semua sekolah untuk mengingat siswa masing-masing yang memiliki minat, agar mulai mempersiapkan diri mengikuti semua rangkaian seleksi. “Kami sengaja menyampaikan rencana seleksi secara, agar bisa membuat para siswa mempersiapkan diri menghadapi semua tahapan seleksi,” katanya sambil mengaku jika dalam waktu dekat dirinya akan bertemu dengan berbagai pihak dalam rangka membahas jadwal pastinya. **