Dinas Kominfo KSB Berupaya Perkuat Sinyal Di Bendungan Bintang Bano

Taliwang, – Persoalan masih lemah sinyal disekitar lokasi bendungan bintang bano yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah menjadi program prioritas bagi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Buktinya, beberapa waktu lalu telah melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pihak Telkom selaku perusahaan negara.

“Dalam waktu dekat kami akan mendatangi Kementerian Kominfo dan Badan Akseibilitas Tekhnologi dan Informasi (BAKTI) untuk menyampaikan persoalan sinyal diwilayah bendungan bintang bano, termasuk pada beberapa destinasi wisata lain di Bumi Pariri Lema Bariri,” kata Drs Burhanuddin, MM selaku kepala Diskominfo KSB saat dikonfirmasi media ini, Kamis 17/2 kemarin.

Disampaikan Bur sapaan akrabnya, pada beberapa destinasi wisata termasuk bendungan bintang bano sebenarnya sudah tersedia sinyal, namun kekuatannya yang perlu menjadi perhatian bersama, apalagi saat terjadi banyak pengguna jaringan dalam wilayah tersebut. “Bendungan bintang bano akan menjadi salah satu destinasi kebanggan KSB, jadi harus diperkuat jaringan sebagai bagian dari pelayanan kepada pengunjung,” lanjutnya.

Masih keterangan Bur, langkah awal yang terus diupayakan dengan meminta dukungan dari Telkom untuk bisa mempersiapkan jaringan, agar masyarakat yang menjadi pengunjung bisa lebih lama menikmati keindahaan destinasi wisata tersebut. “Pemerintah KSB juga berkomitmen untuk mengembangkan destinasi pariwisata, jadi fasilitas pendukung harus dipersiapkan secara serius,” timpalnya.

Bur berharap upaya dalam memperkuat sinyal pada beberapa destinasi pariwisata mendapat dukungan serius dari berbagai pihak, terutama pemerintah pusat selaku pemilik tanggung jawab lokasi bendungan bintang bano. “Sangat optimis bisa dalam beberapa waktu mendatang mendapatkan respon baik dalam rangka penguatan jaringan, mengingat bendungan bintang bano termasuk obyek nasional,” terangnya.

Dikesempatan itu Bur merinci beberapa destinasi wisata KSB yang masih kurang kuat jaringan, diantaranya, Desa Wisata Mantar yang berada di kecamatan Poto Tano, Pantai Balad di kecamatan Taliwang dan pantai untuk dipergunakan sebagai tempat surfing nasional di sekitar pantai Sekongkang. “Kami tidak hanya fokus bendungan bintang bano,” tegasnya. **