Terpilih Kembali, Kades Bukit Damai Siap Lanjutkan Program Pembangunan

Maluk, – Suwardi selaku kades Bukit Damai Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), kembali terpilih untuk periode kedua pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Kepercayaan masyarakat itu akan dimanfaatkan secara maksimal untuk melaksanakan sejumlah program pembangunan.

“Saya sudah menyampaikan komitmen pengabdian kepada masyarakat untuk dapat melanjutkan program pembangunan Desa. Hal itu disetujui dengan dibuktikan tidak adanya calon Kades pada pemilihan beberapa waktu lalu, jadi kepercayaan masyarakat itu akan menjadi penyemangat dan keseriusan untuk melaksanakan program pembangunan,” kata Suwardi saat dikonfirmasi media ini pada Ahad 30/10, kemarin.

Lanjut Suwardi, dalam memaksimalkan program pembangunan Desa tidak bisa mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), jadi dirinya akan membangun koordinasi serta komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan yang berada dalam areal lingkar tambang. “Untuk memajukan Desa Bukit Damai akan terus mencari dukungan dari berbagai pihak,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Suwardi membeberkan, jika selama dirinya menjadi Kades telah melaksanakan program pembangunan diluar anggaran pemerintah, terutama dalam membangun fasilitas umum dan fasilitas sosial, termasuk juga membangun drainase yang sebelumnya 30 cm menjadi 80 cm dan juga pembukaan jalan poros. “Telah dibangun juga fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), aula pertemuan dan beberapa ruas jalan desa (gang) sudah diperbaiki (paving block),” bebernya.

Suwardi menambahkan juga, jika dirinya masih fokus untuk melakukan penataan Desa dalam rangka menjadikan Desa Bukit Damai tertata dan indah, termasuk dalam mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Desa. “Program yang direncanakan untuk tahun mendatang cukup banyak, diantaranya, pembangunan trotoar, lampu jalan, memaksimalkan program BUMDes supaya bisa menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) lebih besar,” ungkapnya.

Suwardi tidak membantah jika dalam masa kerja periode pertama, dirinya belum maksimal melaksanakan program pemberdayaan masyarakat, sehingga pada periode kedua ini akan dijadikan sebagai agenda prioritas. “Pemberdayaan masyarakat sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia akan menjadi prioritas dalam program periode kedua ini,” tandasnya.

Diakhir keterangannya, Suwardi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang kembali memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi Kades. Kepercayaan itu sendiri akan menjadi pemicu dan semangat dalam melaksanakan roda pemerintahan. “Saya tetap berharap masyarakat untuk selalu menegur dan memberikan saran, jika saat melaksanakan roda pemerintah Desa ada kesalahan yang dilaksanakan,” tuturnya.

Sebagai informasi, dalam Pilkades beberapa waktu lalu, Suwardi mendapatkan suara dukungan masyarakat sekitar 90 persen dan yang menjadi lawan adalah istrinya sendiri, lantaran saat pembukaan pendaftaran calon, tidak ada warga setempat yang mengajukan diri sebagai bakal calon, karena masih ingin memberikan kepercayaan kepada Suwardi untuk melanjutkan roda pemerintah Desa. **