Dinas Arpus KSB Tetap Laksanakan Program Kelas Kecil Perpustakaan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) akan terus berupaya untuk meningkatkan minat baca, termasuk memberikan edukasi secara langsung terkait berbagai hal penting untuk masyarakat maupun pelajar. Salah satunya dengan tetap melaksanakan program ‘Kelas Kecil Perpustakaan’.

Mariati S.Adm selaku kabid perpustakaan mengatakan, program kelas kecil masih menjadi program penting untuk dilaksanakan pada tahun mendatang, karena bukan hanya memberikan pembelajaran secara langsung kepada peserta yang ikut, tetapi ada kebersamaan yang terbangun. “Pemateri bukan hanya berbagi ilmu yang dimiliki, tetapi juga ikut membantu menyiapkan bingkisan sebagai penyemangat peserta,” ucapnya.

Masih keterangan Mariati, program inovasi Dinas Arpus KSB itu juga dipastikan tidak membutuhkan biaya terlalu besar, tetapi dipastikan memberikan manfaatkan sangat besar pada masyarakat umum dan pelajar. “Banyak manfaat dari program kelas kecil perpustakaan, jadi wajar jika akan tetap dilaksanakan pada tahun mendatang,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Mariati mengakui ada rencana pada tahun mendatang, pelaksanaan program kelas kecil bukan hanya terpusat di lingkungan Perpustakaan, tetapi akan mendatangi satuan pendidikan (sekolah). “Sudah ada beberapa sekolah yang mengajukan minat terlibat dengan program kelas kecil dan berharap dilaksanakan pada sekolah itu sendiri,” akunya.

Terkait dengan adanya permintaan sejumlah sekolah itu sendiri, Mariati tidak bisa memberikan kepastian sampai menetapkan waktu pelaksanaannya. “Tetap kita akan merespon baik permintaan tersebut, namun untuk waktu tidak perlu ditetapkan atau bisa dilaksanakan secara tentatif,” tuturnya sambil mengaku bahwa saat ada waktu luang dan tersedia nara sumber langsung disusun jadwalnya.

Diingatkan Mariati, untuk melaksanakan kelas kecil diluar areal kantor, pihaknya harus mempersiapkan berbagai kebutuhan penting lainnya, karena setiap kunjungan tetap mengikutsertakan mobil perpustakaan keliling. “Setiap selesai mendapat materi pada program kelas kecil perpustakaan, para peserta dapat membaca buku yang tersedia pada mobil perpustakaan keliling yang disiapkan dilokasi acara,” katanya. **