DPMD KSB Akui, Pelantikan Kades Digelar 5 Januari 2023

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengakui, jika pelaksanaan pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, direncanakan pada 5 Januari mendatang

“Sudah ada kepastian jadwal pelantikan 16 Kades terpilih hasil Pilkades serentak. Termasuk Bupati KSB yang akan ambil bagian untuk melantiknya,” kata Drs Tajuddin M.Si selaku kepala DPMD KSB dihadapan sejumlah wartawan.

Diakui Tajuddin, pelantikan 16 kades terpilih ini seharusnya digelar pada 13 Desember 2022 nanti. Hanya saja, proses tersebut tidak bisa dilakukan karena adanya aturan khusus yang mengatur tentang mekanisme dan tata cara pelantikan kepala desa.

Tajuddin menyebut, berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2016 tentang desa pasal 39 ayat 1, kepala desa memegang jabatan selama 6 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Karena mengacu pada aturan tersebut, secara otomatis pelantikan 16 kades terpilih ini dilakukan pada 5 Januari 2023. ”Kenapa, karena kades sebelumnya itu dilantik pada 5 Januari 2016 meskipun SK mereka ditetapkan pada 13 Desember 2016,’’ tandasnya.

Meski demikian, dia menegaskan, penetapan SK pengangkatan para kepala desa baru ini tetap akan mengacu pada tanggal pengangkatan kades sebelumnya. ”SK mereka tetap tanggal 13 Desember 2022, namun pelantikannya baru bisa dilakukan pada 5 Januari 2023. Karena pada tanggal itu kades lama genap enam tahun menjabat,” jelasnya.

Selain kades hasil pilkades serentak, pemerintah juga akan melantik kades Benete melalui pergantian antar waktu (PAW). ”Termasuk pengukuhan penjabat Kades Lamunga, Kecamatan Taliwang. Itu akan dilakukan bersamaan pada 5 Januari 2023 mendatang,” lanjutnya.

Tajuddin mengaku, proses pelantikan ini sedang dipersiapkan DPMD KSB. Sesuai rencana, pelantikan itu akan dilakukan di lantai III Gedung Setda KSB. ”Ini sedang kami koordinasikan untuk tempat. Tapi yang jelas, proses pelantikannya akan dilakukan serentak, bersamaan dengan kades hasil PAW Benete dan pengukuhan Kades Lamunga,” tambahnya.

Diketahui, 16 kades yang akan dilantik itu yaitu Desa Banjar Ahmad Suryo, Desa Batu Putih Sahriluddin (petahana), Desa Tamekan Yulhaidir (petahana), Desa Seteluk Atas Abdurahman, Desa Beru Kecamatan Brang Rea Muttamuddin (petahana), Desa Bangkat Monteh Arianto, dan Desa Sapugara Bree Jamaluddin.

Lalu, Desa Poto Tano Adi Muladi, Desa Lampok Tarmizi, Desa Menemeng Jayadi, Desa Maluk Baharuddin, Desa Bukit Damai Suwardi (petahana), Desa Mantun Heri Wibowo, Desa Pasir Putih Ahmadi Mahmudi, dan Desa Sekongkang Atas Jayadi. **