BRIDA KSB Umumkan Jadwal Pelaksanaan Lomba Penelitian 2023

Taliwang, – Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (BRIDA-KSB) akan melaksanakan kembali melaksanakan lomba penelitian untuk tahun 2023.Tema beserta kriteria dan dipersyaratkan telah disosialisasikan secara terbuka.

Agus S.Pd, MM selaku kepala BRIDA KSB menyampaikan, jika saat ini pihaknya telah membuka pendaftaran yang dilanjutkan dengan pengajuan proposal penelitian yang akan diikutkan dalam lomba. “Sesuai jadwal yang telah diumumkan, jika pendaftaran dan pengajuan proposal penelitian berlangsung selama sebulan, dari 27 Februari sampai 27 Maret 2023 mendatang,” katanya.

Lanjut Agus, setelah tahapan pendaftaran dan pengajuan proposal, maka panitia akan melaksanakan pertemuan teknis yang direncanakan pada 2 Mei, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan seminar proposal pada 15-19 Mei. Kemudian akan diumumkan hasil seleksi pasca pelaksanaan seminar porposal pada 25 Mei. “Ayo persiapkan diri mengikuti lomba penelitian yang dilaksanakan dengan tema, Riset dan inovasi daerah yang unggul berkelanjutan dalam mewujudkan KSB baik berlandaskan gotong royong,” ucapnya.

Tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan penelitian akan berlangsung pada 26 Mei sampai 26 Juli, terus pengajuan laporan akhir pada kisaran 31 Juli sampai 4 Agustus. “Peserta yang ikut lomba akan disiapkan waktu melaksanakan presentasi atas laporan akhir pada 14-19 Agustus,” lanjutnya.

Sebelum tahapan terakhir atau pengumumkan pemenang yang direncanakan pada 4 September, panitia lomba menyiapkan waktu perbaikan atas laporan akhir pada 21-25 Agustus. “Jika semua jadwal dan tahapan berjalan lancar atau tidak ada perubahan, maka panitia berencana melaksanakan pembagian hadiah bagi pemenang pada 20 Oktober,” terangnya.

Sebagai informasi yang perlu diketahui, ada beberapa kategori lomba penelitian yang akan dilaksanakan, diantaranya, kategori Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sub tema yang akan diangkat adalah, pendidikan berkarakter, merdeka belajar, teknologi pembelajaran dan inovasi pembelajaran.

Untuk kategori Karya Tulis Ilmiah Remaja (KTIR) mengacu pada sub tema, pelajar pancasila, pelajar tanpa pergaulan bebas, seni budaya daerah, rekayasa teknologi potensi lokal, pemuda pelopor dan modernisasi pemuda.

Kategori Penelitian Umum (PU) Eksak mengangkat sub tema, energi terbarukan, ketahanan pangan, rekayasa teknologi dan informasi (KSB Satu Data) dan kesehatan lingkungan. Sementara sub tema untuk penelitian non eksak adalah, posyando gotong royong, kawasan pertambangan dan pemurnian, potensi desa, ekonomi kreatif, pariwisata berbasis komunitas dan pengarustamaan gender. **