DPMD KSB Berharap Semua Desa Tuntas Terapkan CMS Coorporate

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terus mendorong semua pemerintah Desa sudah melaksanakan pengelolaan keuangan berbasis digital melalui aplikasi Cash Management System (CMS) coorporate. Penerapan program kerjasama dengan Bank NTB Syariah cabang Taliwang dinilai sangat efektif dan efisien.

“Memang masih ada beberapa Desa yang belum bisa menerapakan CMS Coorporate atau sistem pengelolaan keuangan Desa secara online, lantaran masih ada Desa yang kesulitan akses jaringan internet. Semoga persoalan itu dapat segera dituntaskan,” kata Drs Tajuddin M.Si selaku kepala DPMD KSB.

Dikesempatan itu Tajuddin mengingatkan, persentase Desa yang telah penerapan CMS Cooporate atau aplikasi yang dimiliki pihak Bank NTB Syariah sudah mencapai 90 persen. “Hanya beberapa Desa saja yang masih terkendala dengan jaringan,” lanjutnya.

Diingatkan Tajuddin, CMS cooporate adalah solusi layanan perbankan berbasis internet untuk melakukan monitoring dan transaksi keuangan secara riel time dan online dengan berbasis atau keuntungan, diantaranya, fleksibilitas dan efisien waktu transaksi perbankan, penyimpanan data secara elektronik yang memudahkan dalam pemantauan dan pengarsipan data finansial, proses transaksi keuangan secara cepat dan akurat, aman dan nyaman dalam bertransaksi.

Tajuddin juga memastikan bahwa penerapan sistem online itu sendiri termasuk upaya bersama menghindari sebaran uang palsu. “Penggunaan aplikasi CMS sangat jelas transaksi keuangan, termasuk dapat mengantisipasi kebocoran anggaran dari pemerintah Desa itu sendiri dan dipastikan lebih hemat serta efisien,” terangnya.

Terpenting juga bahwa program layanan CMS yang diterapkan pihak Bank NTB Syariah akan memudahkan pemerintah Desa melakukan transaksi keuangan dengan memanfaatkan teknologi. Jadi dipastikan bukan sekedar mempercepat layanan dari pemerintah Desa, tetapi juga menjadi bagian upaya mencegah terjadinya penyalahgunaan keuangan Desa. **