Pemerintah KSB Gelar Apel Syukur Yang Dirangkai Harkitnas 2023

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar apel syukur yang dirangkai dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2023. Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Upacara Graha Fitrah Komplek KTC Taliwang dipimpin langsung Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM

H Firin sapaan akrab Bupati KSB pada kesempatan itu membacakan isi pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang menjelaskan, jika data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 menunjukkan, perekonomian Indonesia tercatat tumbuh sebesar 5.31 persen year-on-year (yoy) atau meningkat dibanding tahun 2021 sebesar 3.70 persen, bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Selanjutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan pertama tahun 2023 masih tercatat bertumbuh sebesar 5.03 persen YOY, dimana menunjukkan performa yang lebih baik dari periode TW IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5.01 persen YOY. 

Masih dalam pidato yang disampaikan tersebut, Momentum Harkitnas dimaknai dengan memperingatinya sebagai sebuah perjuangan bersama. Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik.

Ditambahkan H Firin, Kebangkitan Nasional merupakan titik awal bagi Bangsa Indonesia untuk bangkit dan memiliki jiwa nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi. Selain itu, Kebangkitan Nasional juga merupakan langkah awal untuk rakyat Indonesia memiliki kesadaran agar mampu memperjuangkan Indonesia untuk merdeka.

Selain itu juga disampaikan, Hari kebangkitan nasional perlu dimaknai sebagai bentuk pembenahan diri bagi generasi muda agar dapat menghadapi era globalisasi saat ini seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, dengan cara bangkit dari keterpurukan dan menyongsong masa depan dengan memperbaiki, meningkatkan atau mempertahankan prestasi.

Sebagai informasi, momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 dirangkaikan dengan penyerahan mobil ambulance untuk Puskesmas Poto Tano, Seteluk dan Brang Ene. Selain itu dilakukan penandatanganan Mou antara Pemerintah KSB dengan BPS tentang Gotong Royong Membangun Statistik (Gong Emas) untuk Satu Data KSB. **