Pemerintah KSB Segera Gelar Pansel Pengisian Pejabat Eselon II

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan segera melaksanakan seleksi terbuka untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau pejabat eselon II. Buktinya, telah melayangkan surat permohonan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Saya sudah menanda tangani surat permohonan untuk melaksanakan seleksi terbuka dalam rangka pengisian pejabat eselon II yang ditujukan kepada KASN, karena memang dalam beberapa waktu kedepan akan ada jabatan eselon II lowong,” kata Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati KSB saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Masih keterangan H Firin sapaan akrabnya, permohonan ijin untuk melaksanakan pansel yang disampaikan kepada KASN dalam rangka pengisian 3 jabatan. “Dalam beberapa bulan kedepan, ada 3 orang pejabat yang masuk masa purna tugas (pensiun), jadi akan langsung diisi melalui proses pansel,” lanjutnya.

H Firin mengakui bahwa pejabat eselon II yang akan memasuki masa pensiun untuk tahun ini sebanyak 6 orang, tetapi 3 orang lainnya akan berakhir pada Desember 2023 mendatang. “Masih cukup panjang yang lainnya, jadi biar secara bertahap saja pelaksanaan pansel untuk menghindari terlalu lama satu jabatan dibiarkan lowong,” ungkapnya.

Khusus untuk pansel pada jabatan selanjutnya itu, H Firin mengaku akan melaksanakan pada bulan November mendatang, sehingga saat memasuki masa pensiun bisa langsung diisi oleh pejabat hasil seleksi. “Sekarang sedang persiapan untuk pansel 3 jabatan, selanjutnya nanti untuk sisa jabatan yang akan lowong lagi,” tuturnya.

Sebagai informasi, pejabat yang akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat ini adalah, Drs H Hamzah selaku kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) pada bulan Juni, Agus Hadnan S.Pd selaku kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pada bulan Agustus dan Supiarno, S.Pt, MM selaku Asisten Administrasi Umum (Asisten III) pada bulan September. 

Sementara 3 pejabat lainnya siap mengakhiri masa tugasnya pada akhir tahun 2023 adalah, Slamet, SP, MM selaku kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Ir Lalu Muhammad Azhar, MM selaku kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) serta Ir H Muslimin HMY M.Si selaku kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans KSB) yang akan memasuki masa purna tugasnya bersamaan pada 1 Januari 2024 nanti. **