Upaya Pemenuhan Air Bersih, DPUPR KSB Siapkan Program SPAM

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sangat konsisten membantu masyarakat menyediakan fasilitas distribusi air bersih. Buktinya, tahun 2023 ini, menyediakan 11 pekerjaan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

“Membangun SPAM adalah bagian tanggung jawab pemerintah dalam menjamin pemenuhan hak rakyat atas air minum dan akses terhadap air bersih, jadi setiap tahun tetap dianggarkan oleh DPUPR KSB melalui bidang Cipta Karya,” kata Arkamuddin, S.Pi, M.Si selaku sekretaris DPUPR KSB saat didampingi Burhanuddin Harahap sebagai kabid cipta karya.

Diingatkan Arkam sapaan akrabnya, penyediaan air bersih adalah hak masyarakat yang akan selalu dipenuhi oleh pemerintah. Salah satu cara dalam pendekatan jaringan dengan menyiapkan anggaran untuk pekerjaan pembangunan SPAM. “Kami berharap fasilitas SPAM yang dibangun dapat dijaga bersama, sehingga bisa difungsikan dalam waktu lama,” lanjutnya.

Ditambahkan Burhanuddin Harahap, pemerintah bukah hanya menjamin ketersediaan air bersih, tetapi juga kualitas air yang akan dikonsumsi masyarakat memenuhi standar yang ditetapkan. “SPAM yang akan dibangun termasuk untuk menjamin kelayakan air sebagai pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai informasi, SPAM yang akan dibangun pada 11 lokasi termasuk jaringan perpipaan di kawasan pedesaan, yaitu, pekerjaan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Broncaptering/sumur dalam terlindungi di Desa Lalar Liang. Pengembangan jaringan distribusi dan Sambungan Rumah (SR) di Desa Dasan Anyar dan pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah di Desa Maluk.

Pekerjaan berikutnya adalah, pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah di Desa Mura. Pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah di Desa Seran. Uprating Instalasi Pengelolaan Air dan penambahan sumur dalam terlindungi/ broncaptering di desa Air Suning dan uprating instalasi pengelolaan air atau penambahan sumur dalam terlindungi/ broncaptering di desa Batu Putih.

Selanjutnya uprating instalasi pengelolaan air dan penambahan sumur dalam terlindungi/broncaptering di desa Bukit Damai. Uprating instalasi pengelolaan air dan penambahan sumur dalam terlindungi/broncaptering di desa Pasir Putih. uprating instalasi pengelolaan air dan penambahan sumur dalam terlindungi/broncaptering di desa Arak Rungis serta uprating instalasi pengelolaan air di desa Sermong. **