Awal Agustus, Disparpora KSB Pastikan Mulai Pra Pelatihan Paskib

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), memastikan mulai pra pelatihan untuk calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskib) pada 1-5 Agustus mendatang.

“Kami sudah menetapkan jadwal pra pelatihan yang dirangkai dengan perkenalan para calon anggota Paskib pada awal Agustus mendatang. Jadi segera dilayangkan surat pada masing-masing sekolah sebagai pemberitahuan sekaligus mengingatkan para calon itu sendiri,” kata Indra Jaya S.Pt, M.Si selaku kabid Pemuda dan Olahraga saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Lanjut Indra sapaan akrabnya, pra pelatihan yang akan dilaksanakan itu sangat penting dalam rangka mengetahui kemampuan masing-masing calon anggota paskib. “Semua calon anggota paskib wajib hadir selama pra pelatihan,” tegasnya.

Sementara jadwal pemusatan latihan, dimana para peserta akan diinapkan pada satu tempat dimulai pada 9 Agustus sampai pada 18 Agustus atau setelah melaksanakan tanggung jawab melakukan pengibaran dan penurunan bendera dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. “Mulai sekarang harus bisa menjaga kesehatan serta kebugaran bagi calon anggota paskib,” tuturnya.

Dikesempatan itu Indra juga memastikan, jika ada dua orang pelajar KSB yang terpilih sebagai anggota paskib tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka akan diantar untuk bergabung dengan tim paskib provinsi pada 6-7 Agustus. “Diwaktu yang bersamaan, calon anggota paskib KSB mempersiapkan diri untuk mengikuti pemusatan pelatihan,” terangnya sambil membeberkan, pelajar yang menjadi paskib provinsi itu adalah, Dwi Komalasari dari SMAN 1 Taliwang dan Miftahul Muttaqin dari pondok pesantren Al-Ikhlas Taliwang.

Indra juga memastikan jika pihaknya sudah merampungkan administrasi, termasuk apa saja yang menjadi kebutuhan dari 43 orang calon anggota paskib. “Pemenuhan kebutuhan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan upacara bendera pada 17 Agustus mendatang sudah bisa dibilang rampung,” akunya. **