DLH KSB Pastikan Keberadaan Bak Sampah Aman dan Difungsikan Baik

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memastikan, seluruh bak sampah yang terpasang pada lokasi strategis masih dalam kondisi aman dan telah difungsikan baik oleh masyarakat. Hal itu membuktikan ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah pada sembarang tempat.

“Hasil laporan dari para petugas, jika bak sampah yang tersimpan pada lokasi strategis masih ada dan selalu terisi sampah. Semoga dengan adanya tempat pembuangan sampah itu dapat mengurangi berserakan sampah dan pastinya peningkatan kesadaran masyarakat,” ucap Slamet SP, MM selaku kepala DLH KSB, saat dikonfirmasi media ini dalam ruang kerjanya.

Dikatakan Slamet, keberadaan bak sampah pada lokasi strategis sebenarnya bukan untuk menampung sampah rumah tangga, namun saat dilakukan pengangkutan, justru masih terdapat sampah produksi rumah tangga. “Secara bertahap kami merubah prilaku masyarakat. Untuk sementara dibiarkan menjadi salah satu alternatif pembuangan sampah, dari pada dibuang pada bantaran sungai dan dipinggir jalan,” timpalnya.

Dikesempatan itu Slamet mengakui bahwa seluruh bak sampah yang ditempatkan pada lokasi strategis terpaksa dirantai (dikunci), lantaran fasilitas serupa yang dimiliki sebelumnya sudah banyak yang hilang. “Semoga tidak ada upaya mengambil bak sampah yang tersimpan itu, agar masyarakat bisa membuang sampah pada tempat tersebut,” harapnya.

Slamet mengakui bahwa edukasi yang penting bukan membuang sampah pada tempatnya, tetapi bagaimana tingkat kesadaran masyarakat untuk memilah sampah itu sendiri, sehingga nantinya terjadi pengurangan produk sampah. “Edukasi besar kami adalah ajakan mengurangi produk sampah, terutama yang berbahan dasar plastik,” tandasnya.

Dalam rangka edukasi (pendidikan) bagi masyarakat terkait dengan persoalan sampah, DLH KSB masih membutuhkan banyak bak sampah yang akan ditempatkan pada seputaran lokasi strategis, termasuk disepanjang jalan yang berada di dalam areal perkantoran Kemutar Telu Center (KTC) dan akses jalan utama lainnya. **