Kembali, Disparpora KSB Umumkan Undur Jadwal Pelaksanaan POPKab

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (KSB), telah melaksanakan rapat tekhnis bersama Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas), selaku pihak yang dijadikan mitra dalam rencana pelaksanaan Pekan olahraga Pelajar tingkat Kabupaten (POPKab).

Salah satu yang diputuskan dalam pertemuan itu adalah perubahan jadwal pelaksanaan, lantaran kebutuhan administrasi dan anggaran dalam menyukseskan semua pertandingan dalam POPKab belum siap. “Dalam rencana terakhir untuk pelaksanaan pada 4-9 September, namun anggaran pelaksanaan, baik untuk konsumsi dan hadiah yang akan diberikan kepada juara belum tersedia, maka diusulkan untuk kembali diundur,” aku Indra Jaya S.Pt, M.Si selaku kabid Pora yang dikonfirmasi media ini.

Lanjut Indra Jaya, pihaknya meminta waktu dalam sebulan ini untuk penyelesaian seluruh administrasi dan penyediaan seluruh saran pendukung. “Memang belum bisa dipastikan waktu pelaksanaan, namun akan diupayakan dalam bulan September ini harus sudah bisa dipertandingkan seluruh Cabang Olahraga (Cabor) khusus dalam POPKab dimaksud,” lanjutnya.

Meskipun jadwal pelaksanaan diundur, namun telah disusun syarat teknis yang akan dijadikan pijakan dalam pelaksanaan POPKab, termasuk syarat khusus pada masing-masing Cabor yang akan dipertandingkan. “Atlet yang ikut dalam pertandingan nanti harus dipastikan berstatus aktif sebagai pelajar, kelahiran 1 Januari 2007 atau sesudahnya, atlet itu sendiri mewakili domisili kecamatan tempat yang bersangkutan bersekolah,” urainya.

Sementara Cabor yang akan dipertandingkan adalah, bola voli, bulu tangkis, sepakbola, pencak silat dan karate, namun pihak penyelenggara berencana melaksanakan seleksi khusus untuk pertandingan Tenis lapangan, tenis meja, basket, lantaran termasuk dalam cabor yang akan dipertandingkan pada tingkat provinsi. “Meskipun sekedar seleksi atau tidak dipertandingkan, kami berencana menyediakan hadianya juga,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Indra Jaya juga menyampaikan harapan kepada para pelajar sebagai atlet, agar selama laga nanti tetap mengedepankan sportivitas, karena tujuan besar dari POPKab adalah untuk memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan, mengukur pembinaan prestasi olahraga pelajar, memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar serta sebagai wahana seleksi olahraga menuju prestasi. “Ini momentum untuk membuktikan kemampuan dalam berolahraga,” tuturnya. **