Kembali, Pemerintah KSB Mendapat Penghargaan Dari Kemenkes RI

Taliwang, – Komitmen pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk memperbaiki layanan pada bidang kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Buktinya, telah kembali mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), sebagai Kabupaten lokus pilot project penerapan integrasi pelayanan kesehatan primer di Indonesia.

Penghargaan itu sendiri diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin kepada pemerintah KSB yang diwakili Hj Erna Idawati, SE selaku kepala Dinas Kesehatan (Dikes), pada acara launching nasional integrasi pelayanan kesehatan primer di Grand Ballroom Hotel JI Expo Convention Center Jakarta.

Sebagai informasi, KSB ditetapkan sebagai lokus pilot project penerapan integrasi pelayanan kesehatan primer sejak tahun 2022 lalu, dimana sebelumnya, Menkes secara langsung meninjau kesiapan fasilitas kesehatan di Kecamatan Jereweh KSB untuk mengintegrasikan dan merevitalisasi pelayanan kesehatan primer. “Ini penghargaan yang sangat luar biasa bagi pemerintah KSB, karena sebagai bentuk pengakuan pemerintah pusat atas keseriusan dalam bidang kesehatan,” kata Hj Erna Idawati.

Disampaikan Hj ER sapaan akrabnya, jika Menkes mengapresiasi pemerinta KSB yang dinilai berhasil dalam pelaksanaan uji coba integrasi pelayanan kesehatan primer. “Menkes mengakui bahwa pelaksanaan posyandu keluarga di Dusun Jelenga, Posyandu primer di Desa Gowa dan Instalasi Pelayanan Primer Puskesmas Jereweh sudah sangat baik,” terangnya.

Apresiasi itu sendiri juga karena dianggap bisa cepat mengatasi pandemi, sehingga terkendali untuk membuat ekonomi bergerak kembali dan aktifitas masyarakat bisa normal lagi. “Pemerintah KSB juga dianggap telah melakukan reformasi total dalam sektor kesehatan,” terangnya.

Hj ER juga mengaku bahwa Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM sangat mengapresiasi Menkes yang jauh-jauh dari Jakarta mengunjungi KSB, supaya bisa melihat dari dekat pola pelayanan kesehatan primer yang dilaksanakan pemerintah KSB. “Kunjungan Menkes menjadi spirit bagi pemerintah KSB dalam terus meningkatkan pelayanan kesehatan dasar masyarakat,” ungkapnya mengulang pernyataan Bupati KSB. **