Tingkatkan Layanan, Pemerintah KSB Bentuk Tim Monev Kecamatan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui bagian pemerintahan, telah membentuk tim khusus yang akan melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev). Tim independen yang terdiri dari berbagai unsur itu akan mendatangi seluruh pemerintah Kecamatan untuk melihat langsung sistem layanan kerja, serta fasilitas pendukung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Abdul Razak S.Pd selaku kepala bagian pemerintahan dalam rapat terbatas yang menghadirkan seluruh tim monev menuturkan, jika semangat besar dari kegiatan itu lebih pada melakukan evaluasi serta analisa, apa yang menjadi kekurangan dalam pelayanan serta fasilitas dalam lingkup kecamatan tersebut, sehingga dapat diperbaiki sebagai bentuk peningkatan layanan dan kinerja.

Masih keterangan Razak sapaan akrabnya, semangat besar dari pembentukan tim bukan untuk penilaian kinerja dan layanan, tetapi sebagai komitmen bersama seluruh jajaran pemerintahan dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. “Kecamatan adalah perwakilan pemerintah kabupaten dan Camat itu sendiri mendapat pelimpahan kewenangan dari pimpinan daerah,” lanjutnya.

Diakui Razak, kegiatan monev yang melibatkan perwakilan civitas akademika dan media sebagai juri akan mendatang kecamatan secara mendadak, sehingga yang dinilai sesuai kondisi terkini dalam wilayah kecamatan itu sendiri. “Tim juri bersepakat tanpa harus ada pemberitahuan untuk mendatangi kecamatan,” ungkapnya.

Razak yang diketahui mantan Camat Brang Ene itu mengaku jika telah mengkomunikasikan kepada semua Camat tentang adanya kegiatan monev, tetapi indikator penilaian tetap dirahasiakan untuk menjaga independensi. “Kami akan mencari yang terbaik dari semua pemerintah kecamatan itu dan nanti pasti diberikan hadiah,” akunya.

Sebagai catatan penting yang disampaikan Razak, penilaian tertinggi dari monev atau lomba kecamatan itu adalah inovasi, jadi pemerintah kecamatan didorong memiliki inovasi pelayanan dalam rangka meningkatkan kinerja. “Nanti akan diberikan kesempatan kepada Camat untuk menyampaikan bentuk layanan, serta apa inovasi yang diterapkan dalam lingkungan kerja,” ucapnya. **