Wabup KSB Ajak Masyarakat Bersihkan Lingkungan dan Hati

Taliwang, – Fud Syaifuddin, ST selaku wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), mengajak seluruh masyarakat dan aparatur untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu caranya dengan tidak membuang sampah disembarangan tempat, terutama pada bantaran sungai.

“Mari kita semua ikut bertanggung jawab untuk membersihkan lingkungan, baik disekitar tempat tinggal masing-masing maupun lingkungan secara menyeluruh, termasuk membersihkan hati dari berbagai aktifitas,” ucapnya saat memimpin gotong royong membersihkan bantaran sungai Taliwang dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

Diingatkan Wabup, lingkungan yang bersih akan menunjang terwujudnya hidup sehat dan juga membuat hidup kita aman, nyaman, dan tetram. “Ketika kita memperhatikan dan mengolah kawasan kumuh yang berada disuatu daerah, kita akan merasa tidak nyaman untuk memperhatikannya. Bukan hanya itu, mendekat saja kita merasa enggan, karena bau yang ditimbulkan,” urainya.

Memastikan lingkungan bersih juga akan membuat kita terhindar dari ancaman banjir, karena salah satu penyebab banjir adalah akibat aktifitas membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga ketika terjadi hujan sampah tersebut menutupi lubang selokan, yang mengakibatkan air tidak dapat mengalir dengan sempurna.

Manfaat lain dengan lingkungan bersih akan terhindar dari penyakit menular, menjadikan lingkungan lebih rapi dan nyaman untuk di tempati, meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. “Cukup banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung saat lingkungan kita bersih, jadi mari kita bersama menjaga lingkungan,” ajaknya.

Catatan penting yang disampaikan orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu, peringatan hari lingkungan hidup ini bukan hanya sebatas ritual, tetapi harus menjadi bahan evaluasi diri kita masing-masing, termasuk dalam meningkatkan mental bersih dan disiplin dalam diri. **