Seleksi Pengisian Jabatan Kepala Damkarmat dan Pol PP Ditunda

Taliwang, – Proses seleksi terbuka untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) lingkup pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ditunda, maka jabatan kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) masih dipercaya pada Pelaksana Tugas (Plt).

“Sudah ada keputusan Sekda KSB selaku ketua Panitia Seleksi (Pansel), dimana proses seleksi untuk pengisian jabatan sebagai kepala Damkarmat dan Kasat Pol PP diundur. Ketupusan itu diambil setelah memperhatikan dan mengacu pada beberapa pertimbangan teknis,” kata H Abdul Malik Nurdin, S.Sos, M.Si selaku pihak sekretariat Pansel.

Dikesempatan itu H Malik sapaan akrabnya tidak membantah hal yang menjadi pertimbangan adalah, minim pendaftar pada pengisian jabatan dimaksud, seperti untuk jabatan Kasat Pol PP, karena ada syarat tambahan yang wajib dipenuhi. “Untuk mengikuti seleksi pengisian jabatan Kasat Pol PP, harus memiliki sertifikat sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS),” lanjutnya.

Masih keterangan H Malik, para peserta seleksi juga diwajibkan mengantongi surat rekomendasi untuk mendaftar dari pejabat Yang Bersangkutan (YBs) atau Sekda dan dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam hal ini bupati, namun sampai batas waktu yang ditetapkan atau ditutup pasca perpanjangan, rekomendasi tersebut belum bisa dilampirkan.

H Malik memperkirakan seleksi baru akan kembali dibuka sekitar bulan Oktober mendatang. Saat itu total akan ada 5 jabatan yang akan dilelang. Selain kepala Damkarmat dan Satpol PP tiga jabatan lainnya adalah jabatan Asisten Administrasi Umum (Asisten III), kepala Dinas Koperindag dan kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). “Pembukaan seleksi pada jabatan yang juga akan pensiun pejabatnya,” ungkap H Malik.

Diakhir keterangannya, H Malik mengingatkan kepada yang sudah melamar, jika pada waktunya nanti tetap diwajibkan untuk melakukan pendaftaran kembali. “Bisa saja pelamar yang sudah mendaftar sekarang akan ikut seleksi untuk jabatan lain, namun yang pasti tetap mengikuti tahapan dimulai dari pendaftaran,” tegasnya. **