BPBD KSB Gelar Pelatihan Pengembangan Kapasitas TRC Bencana

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menggelar pelatihan untuk pengembangan kapasitas terhadap perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana. Kegiatan itu sendiri dimulai pada Selasa 21/11, kemarin.

Abdul Hamid S.Pd selaku Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KSB pada kesempatan itu menegaskan, jika pelatihan yang dilaksanakan sangat penting, agar para pelaku penyelamatan yang merupakan perwakilan dari masing-masing SKPD, memiliki pemahaman yang sama tentang cara penanggulangan dan penyelamatan saat terjadi bencana. “Pemerintah KSB harus siap menghadapi apapun bencana yang akan terjadi,” tegasnya.

Hamid sapaan akrabnya mengingatkan, jika wilayah Bumi Pariri Lema Bariri termasuk kawasan yang cukup rawan dengan berbagai bencana, sehingga kesiapsiagaan sangat penting sebagai bentuk penanganannya. “Salah satu upaya adalah pencegahan, tetapi jugaharus diketahui penanganan, jika terjadi bencana itu sendiri,” lanjutnya.

Untuk memberikan pemahaman lebih baik dan dalam meningkatkan kapasitas para TRC, Hamid mengaku bahwa pihaknya telah menghadirkan narasumber utusan provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sangat memahami tentang kebencanaan. “Pak Mustakim yang menjadi narasumber adalah ahli madya geologi,” bebernya.

Sementara dr H Syaifuddin selaku asisten III setda KSB sesaat sebelum membuka acara meminta, agar para TRC yang ikut pelatihan memiliki komitmen diri untuk siap menjadi garda terdepan dalam penyelamatan. “Jangan sampai kita terlibat sebagai anggota TRC karena terpaksa, tetapi harus dimaknai sebagai tanggung jawab sebagai aparatur,” ucapnya.

H Syaifuddin dikesempatan itu berharap, TRC memiliki analisa tentang ancaman bencana yang akan terjadi, agar pemerintah dan masyarakat memiliki kesiapan menghadapinya. “Catatan penting juga yang perlu diketahui, kerja penanggulangan bencana harus bersama-sama dan tetap dibawah satu komando,” timpalnya.

Sementara Mustakim, ST, MT selaku narasumber dalam pertemuan itu memberikan penjelasan secara rinci tentang tugas TRC, termasuk bentuk penanganan dan penyelematan saat terjadi bencana. **