Tingkatkan Minat Baca Anak, Dinas Arpus KSB Perkuat Kemitraan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus), memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan minat baca, terutama anak-anak usia sekolah, sehingga membuat berbagai terobosan dalam bentuk program maupun dengan perkuat kemitraan.

Salah satu program yang sudah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir ini adalah ‘Kelas Kecil’, program inovasi itu sendiri masih dianggap sangat efektif, karena melibatkan berbagai pihak dalam meningkatkan minat baca, termasuk pelajar itu sendiri dapat interaktif langsung dengan pemberi pelajaran (materi).

“Sesuai hasil evaluasi tahunan yang dilakukan, ada beberapa program yang tetap dilaksanakan, termasuk memperkuat kemitraan dengan berbagai komponen masyarakat yang memiliki kepedulian dalam meningkatkan minat baca, terutama dengan satuan pendidikan,” ucap Mariati S.Adm selaku kabid perpustakaan pada Dinas Arpus KSB.

Dalam hal kemitraan dengan satuan pendidikan (sekolah), pihak Arpus KSB mengajak sekolah untuk melakukan kunjungan khusus di perpustakaan, agar anak-anak pelajar memiliki kebiasaan membaca apa saja sesuai kegemaran masing-masing. “Salah satu cara lain yang dilakukan dengan mendekatkan layanan bacaan menggunakan mobil perpustakaan keliling,” lanjutnya.

Diakui juga oleh Mariati, pada sejumlah tempat berkumpul masyarakat dijadikan kesempatan baik bagi Dinas Arpus untuk mengajak para pelajar mau membaca. “Bisa dilihat setiap ada acara yang menghadirkan banyak orang, pasti ada mobil perpustakaan keliling yang sengaja terparkir untuk memberikan layanan baca kepada siapa saja,” tandasnya.

Dikesempatan itu Mariati mengatakan, untuk meningkatkan minat baca bukan pekerjaan mudah dan hal itu bukan menjadi tanggung jawab mutlak pemerintah melalui Dinas Arpus, tetapi harus dimaknai sebagai tanggung jawab bersama, baik itu satuan pendidikan, orang tua dan komponen lain masyarakat. “Perlu ada komitmen bersama dalam rangka meningkatkan minat baca,” tegasnya.

Diakhir keterangannya, Mariati menyampaikan ada beberapa tips untuk menumbuhkan minat baca yang perlu diketahui, diantaranya, mengalokasikan waktu khusus untuk membaca buku, membeli buku setiap pekan, manfaatkan waktu menunggu untuk membaca, memiliki list buku populer, biasanya membaca sebelum tidur, membuat target membaca dan juga bergabung dengan komunitas baca. **