Pleno Terbuka, KPU KSB Sudah Tetapkan 25 Calon Terpilih Anggota DPRD

Taliwang, – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Barat (KPU KSB) telah menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda, penghitungan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD KSB hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Herman Jayadi, S.Ap selaku ketua KPU KSB yang memimpin rapat pleno menegaskan, jika tahapan yang dilaksanakan itu bisa dilakukan setelah mendapatkan pemberitahuan, jika tidak ada tuntutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) terkait pelaksanaan Pemilu. “Kami sudah menerima surat dari KPU pusat tentang tidak adanya PHPU,” tandasnya.

Masih keterangan HJ sapaan akrabnya, surat pemberitahuan itu sendiri langsung dijadikan dasar bagi KPU KSB untuk menggelar rapat dalam rangka menyusun jadwal pelaksanaan pleno untuk penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD KSB hasil Pemilu. “Kegiatan ini menjadi agenda terakhir dalam pelaksanaan pemilu, karena tinggal menunggu pelantikan terhadap caleg terpilih,” lanjutnya.

Sesuai hasil rapat pleno itu sendiri memutuskan, jika PDI Perjuangan resmi kembali tampil sebagai pemenang Pemilu 2024 ini. Partai berlambang banteng ini berhasil meraih 5 dari 25 kursi yang diperebutkan. Raihan kursi diperoleh PDI Perjuangan di seluruh Daerah Pemilihan (Dapil). Rinciannya di Dapil Sumbawa Barat 1 dengan 5.623 suara menempatkan dua kadernya yakni Kaharuddin Umar dan Rick Kamaluddin. Di Dapil Sumbawa Barat 2 dengan total perolehan suara partai 8.890 menempatkan dua kadernya yakni Nurjannah dan Santri Yusmulyadi. Sementara di Dapil Sumbawa Barat 3 dengan perolehan suara partai 2.836 berhasil menempatkan satu orang kadernya yakni Ratnawati.

Selain PDI Perjuangan ada juga sejumlah partai yang ditetapkan memperoleh kursi di seluruh Dapil dengan total jumlah kursi sebanyak 3.Pertama ada Partai Nasdem dimana kadernya yang berhasil meraih kursi yakni Badaruddin Duri di Dapil 1, Mustapa HZ di Dapil 2 dan Rizal Fikri di Dapil 3. Berikutnya ada PKS yang diisi oleh Baharung, Norvie Aperiansyani dan Muhammad Rizyal.

Selanjutnya ada Partai Gerindra yang berhasil menempatkan kadernya Merliza di Dapil 1, Aheruddin Sidik di Dapil 2 dan Muhammad Adnan di Dapil 3. Partai Amanat Nasional (PAN) 3 kursi yang diraihnya diisi oleh Muhammad Hatta, Iwan Irawan Marhalim dan H. Riyadi. Kemudian Golkar 3 kusi yang diraihnya diisi oleh HM. Thamzil, Rifai dan Basuki. AR.

Selanjutnya PPP dengan 2 kursi diisi oleh Fauzan Ahmad di Dapil 1 dan Syafruddin pada Dapil 2. PKB 2 kursi diisi oleh Andi Laweng dan Kondi Pranata. Dan terakhir PBB dengan satu kursi diisi oleh Edi Dwi Pawira. **