Pangkogasgabpad dan Pangdam IX/Udayana Kunjungi Korban Gempa KSB

Taliwang, – Panglima komando tugas gabungan terpadu (Pangkogasgabpad), Mayor Jenderal TNI Madsuni, SE didampingi Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, Sip, mendatangi Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan mengunjungi tenda pengusian, sekaligus menyerahkan bantuan kepada korban gempa bumi.

Kedatangan rombongan yang menggunakan helikopter mendarat di stadion bola Magaparang-Taliwang, sekitar pukul 10.00 Wita, disambut langsung oleh Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM, beserta sejumlah pejabat lingkup pemerintahan. Rombongan langsung menuju Desa Meraran Kecamatan Seteluk.

Usai meninjau pengungsi di Desa Meraran dan menyerahkan bantuan secara simbolis yang diterima Kepala Desa Meraran, Ibu Rindayan berupa tenda, terpal, tikar plastik, beras bahkan satu unit kursi roda. Pangkogasgabpad dan rombongan melanjutkan peninjauan ke Desa Seteluk memantau sejumlah rumah yang rusak. Kemudian dilanjutkan ke lapangan Desa Senayan Kecamatan Poto Tano.

Kepada pengungsi di Desa Senayan, Mayjen TNI Madsuni mengungkapkan, dirinya telah berkeliling bersama Bupati dan rombongan. Kondisi rumah, fasilitas pendidikan, masjid dan lainnya sangat memprihatinkan. Kogasgabpad bersama Kementerian PUPR, BNPB dan Pemerintah Daerah akan membantu kesulitan bapak ibu semuanya. Untuk makanan, sedang bergerak dari Lombok melalui kapal dan truk. Mudah-mudahan sore nanti bisa sampai dan dinikmati. “Bantuan bertahap dari Jakarta dan lainnya akan datang. Apalagi di sini kesulitan bandara, bandaranya kecil jadi harus mampir di Lombok. Harapan dari kami bapak ibu tetap bersabar,” katanya.

Kedepannya, Pemerintah akan membangun rumah hunian sementara, terutama bagi korban gempa yang rumahnya roboh atau tidak bisa ditempati. TNI, Polri dan Pemda akan kerjasama membersihkan puing bangunan menggunakan alat berat sehingga bantuan rumah sementara segera terwujud. Insya Allah Bapak Presiden juga dijadwalkan akan berkunjung ke KSB. “Ini sedikit bantuan secara simbolis kami serahkan,” kata Mayjen TNI Madsuni menyerahkan bantuan secara simbolis berupa tenda dan logistik lainnya kepada Sudarli, S.Ap selaku Kepala Desa setempat.

Sebelum meninjau Kabupaten Sumbawa, kunjungan Pangkogasgabpad di KSB pun berakhir di Desa Kokarlian Kecamatan Poto Tano. Warga pun diminta bersabar menghadapi musibah ini. Kondisi akibat bencana ini memang memprihatinkan dan cukup membuat terenyuh hati. Usai berdialog dengan warga Pangkogasgabpad Gempa Bumi Lombok, KSB dan Sumbawa pun menyerahkan bantuan secara simbolis dan diterima M Rusli S.Pt selaku Kades Kokarlian.

Sementara H Pirin sapaan akrab Bupati KSB menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sangat peduli dengan musibah gempa bumi ini. “Saya atas nama pemerintah KSB dan seluruh masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap dengan kunjungi yang dilakukan akan menjadi motivasi tersendiri bagi warga korban gempa yang sekarang tinggal dalam tenda pengusian,” katanya. **