Pemerintahan

DPMD KSB Gelar Workshop Koordinasi Generasi Sehat Cerdas

Taliwang, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), pada Kamis 5/10 kemarin, mengundang sejumlah pihak untuk mengikuti workshop koordinasi Generasi Sehat Cerdas (GSC), dengan tema besarnya, optimalisasi peran forum multi pihak dalam mendukung program pelayanan sosial dasar generasi sehat cerdas di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tahun 2017.

Dr Ir H Amry Rakhman Msi selaku pelaksana harian (Plh) Sekda KSB dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh peserta, jika salah satu persoalan mendasar yang di hadapi dalam konteks pelaksanaan pembangunan saat ini adalah masih tingginya angka mortalitas/kematian balita serta rendahnya tingkat penyelesaian pendidikan dasar dan menengah pertama anak-anak dalam rumah tangga miskin serta rendahnya akses Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam  bidang Pendidikan di Perdesaan.

Diingatkan H Amry sapaannya, kegiatan yang dilaksanakan itu sangat tepat, jika dikaitkan dengan semangat pemerintah KSB dan masyarakat, dimana untuk melaksanakan pembangunan harus mengedepankan gotong royong, sehingga dirinya sangat berharap dari kegiatan yang dilaksanakan, dapat diambil sebuah keputusan bersama. “Dengan adanya rencana aksi pelayanan sosial dasar yang dimotori DPMD, diharapkan dapat menetapkan prioritas kebijakan dan anggaran,” tuturnya.

Kepala DPMD KSB, Drs Mulyadi Msi menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan Workshop koordinasi tingkat kabupaten adalah, agar tersosialisasi dan diseminasi kebijakan GSC kepada seluruhstakeholder terkait di kabupaten, untuk memperkuat komitmen Pemerintah Daerah dan DPRD dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat dalam GSC dan memperkuat koordinasi lintas sektor dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat di GSC, serta untuk Memberi panduan bagi Pemerintah Kabupaten dalam menyusun Rencana Aksi Daerah pelayanan Sosial Dasar yang dilaksanakan dalam kerangka kerja pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa berdasarkan Undang-Undang (UU) nomor 6 tentang Desa.

Dibeberkan Mulyadi, GSC merupakan program pemerintah yang kegiatannya fokus pada penanggulangan masalah bidang kesehatan dan pendidikan. GSC bertujuan pada peningkatan kualitas layanan atau fasilitasi untuk menggerakan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan ibu dan anak serta pendidikan dasar dan menengah pertama.

Ditambahkan Slamet Riadi, untuk mencapai apa yang menjadi tujuan, maka materi yang disajikan adalah tentang sinkronisasi perencanaan daerah tentang pelayanan sosial dasar, terus kebijakan penanganan stunting di KSB, lalu materi akses layanan paud dan pendidikan dasar, serta materi forum multi pihak dalam upaya untuk optimalisasi pelayanan sosial dasar. “Pemateri dari Bappeda, Dikpora, Dikes dan DPMD,” katanya. **