Seleksi Terbuka Jabatan Eselon II Mulai Bergulir

Taliwang, – Seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilingkungan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai dilaksanakan oleh panitia seleksi (Pansel). Mengacu pada pengumuman bernomor 02/Pansel-KSB/2017, yang ditanda tangani ketua Pansel, H Abdul Azis MH, yang juga sekretaris daerah (Sekda), jika ada 10 jabatan eselon II yang akan diperebutkan itu.

10 jabatan eselon II itu adalah, kepala Badan Pendapatan dan Asset Daerah (BPAD), kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPP), kepala Dinas Kesehatan, kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak), kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, (DPPKBP3A), kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), sekretaris DPRD dan staf ahli bupati bidang ekonomi pembangunan dan keuangan.

Dalam pengumuman itu sendiri menegaskan juga tentang persyaratan bagi yang berminat, yaitu, berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup KSB, berusia setinggi-tingginya 56 tahun pada tanggal 1 Januari 2018, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 tahun, sedang atau pernah menduduki jabatan administrator paling singkat 2 tahun, berpangkat serendah-rendahnya pembina golongan IV/a.

Syarat selanjutnya adalah sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan hasil uji kesehatan dan kejiwaan dari tim penguji kesehatan dan dokter jiwa pada rumah sakit pemerintah, serta tidak mengkonsumsi narkoba, penilaian prestasi kerja PNS sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 tahun terakhir, memiliki sertifikat Diklatpim IV atau tingkat III, tidak pernah dijatuhi hukum disiplin, memiliki kompetensi tekhnis, manajerial, cultural pada jabatan pimpinan tinggi pratama, memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik.

Sebagai informasi juga, tahapan dimulai pada 24 Oktober untuk pengumuman dan pendaftaran secara online dan akan ditutup pada 7 November, termasuk untuk penerimaan berkas manual yang dilanjutkan dengan seleksi administrasi ditutup pada 8 November. Pada 10 November pihak pansel akan mengumumkan hasil seleksi administrasi tersebut.

13-17 November akan dilaksanakan uji kompetensi manajerial (assesment center), 22 November adalah penulisan makalah, 29 november sampai 8 Desember akan dilakukan presentasi makalah yang dilanjutkan dengan wawancara dan 14 Desember adalah pengumuman hasil akhir, termasuk akan ada jadwal penelusuran rekam jejak pada 13-24 November. Kegiatan berakhir pada 15 Desember dengan jadwal, penyampaian hasil akhir kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan pejabat pembina kepegawaian.

Sebagai catatan penting yang perlu diketahui oleh seluruh ASN yang berminat, jika dapat mendaftarkan diri pada tiga jabatan yang diseleksi tersebut.

Sementara Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM yang dikonfirmasi media ini menegaskan, siapa saja pejabat yang memenuhi persyaratan dipersilakan untuk bersaing dan buktikan bahwa memang memiliki kompetensi untuk dipercaya memegang jabatan eselon II. **