Bupati KSB Launching “Gemadita” Saat Bersih Pantai Kertasari

Taliwang, – Aksi bersih pantai Kertasari yang dibungkus dalam program clean up beach yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), pada Jum’at 3/11 kemarin dirangkaikan dengan launching Gerakan Masyarakat Peduli Wisata (Gemadita), oleh Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM.

H Pirin sapaan akrab Bupati KSB dalam sambutannya mengatakan, semangat masyarakat menjaga objek wisata di KSB sangat penting. Bagaimanapun semangatnya orang luar membersihkan dan menjaga, tetapi kesadaran masyarakatnya kurang, maka akan sia-sia. “Kami sangat mencintai pantai ini, kami titip pantai ini agar dijaga dengan baik, Salah satu tumpuan kabupaten ini ke depan adalah di pantai ini (Pariwisata, Red),” kata Bupati kepada masyarakat Desa Kertasari.

Bupati pun mempersilahkan Kepala Desa untuk membuat Bumdes (badan usaha milik desa) untuk mengelola dan mengambil manfaat dari wisata pinggir pantai. Jalan yang ada di pinggir pantai Kertasari akan dijadikan jalan Pariwisata. Pemerintah Daerah akan memasang pafing blok pada jalan ini. Pemerintah Desa dan nantinya BKPRD (Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah) mengawasi, tidak boleh ada bangunan di pinggir pantai.

‘’Mari kita dukung Gemadita untuk mempromosikan pariwisata. Mudah-mudahan ikhtiar ini terus kita lakukan. Ini tidak boleh berhenti. Yang baik harus dilakukan rutin. Tidak ada hasil yang baik tanpa kita lakukan terus menerus,” imbuhnya. 

Bupati juga meminta agar Agen PDPGR untuk terus menggerakkan gotong royong bersama pemerintah desa dan masyarakat dengan semangat ikhlas, jujur dan tentu sungguh-sungguh. Terkait jalan baru di simpang tiga Kertasari menuju Sepakek, telah dikomunikasikan di Forum Yasinan untuk dipasangkan jaringan listrik dan penerangan jalan.

Kepala Disbudpar, Ir IGB Sumbawanto MSi dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Clean Up Beach ini terselenggara berkat kerjasama Disbudpar KSB dan TP PKK KSB. Kegiatan ini untuk membangun kesadaran masyarakat menjaga kawasan wisata. Kegiatan ini pun akan rutin di laksanakan di objek pariwisata di KSB. “Kegiatan ini ingin merubah kebiasaan kita ketika jalan-jalan yang biasa membuang sampah menjadi jalan jalan sambil memungut sampah. bersama-sama kita galakkan anti sampah,” katanya.

Dalam kegiatan ini, Bupati Sumbawa Barat, Ketua TP PKK KSB, pejabat pemerintah Kabupaten Sumbaa Barat, pimpinan Bank, Kepolisi, TNI aparatur Pemerintah Sumbawa Barat, siswa-siswi dan masyarkaat Kertasari bergotong royong. Gotong royong clean up beach dengan memungut sampah di sepanjang Pantai Kertasari ini pun membuat Pantai Kertasari yang berpasir putih menjadi bersih.

Dalam acara Launching itu sendiri ditandai dengan penyerahan bendera Gemadita dari Ketua TP PKK KSB, Hj Hanifah W Musyafirin, SPt, kepada ketua PKK Kecamatan Taliwang dan selanjutnya kepada Ketua PKK Maluk sebagai lokasi Clean Up Beach selanjutnya. Gamadita akan terus didengungkan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga objek atau destinasi wisata di KSB, terutama menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan. **/Hms